Didampingi Bupati Rohul, Gubri Tanam Pohon Aren dan Tebar Benih Arwana di Tambut


Selasa, 05 Juli 2022 - 15:26:25 WIB
Didampingi Bupati Rohul, Gubri Tanam Pohon Aren dan Tebar Benih Arwana di Tambut Gubri tanam bibit aren di Rohul/foto:adv

RIAUIN.COM - Gubernur Riau Drs, H Syamsuar Msi melakukan tanam perdana Pohon Aren serta Penaburan Bibit  Ikan Arwana di Rawa Seribu Kecamatan Tambusai Utara, Senin (4/7/2022). Hal ini terlihat dalam kunjungan kerja Gubernur Riau di Kabupaten Rohil,

Turut hadir dalam acara, Perwakilan Kementerian LHK Republik Indonesia, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Pimpinan PT Torganda, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul, Camat dan Kepala Desa Mahato serta Ketua Gapoktan HKm Tambusai Sariman, SH.

Acara tersebut diawali dengan sambutan Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara, Sariman, SH yang mengatakan bahwa Gapoktan HKm Tambusai Utara Mempunyai 10 program yang mana dalam tahap awal ini dijalan kan dua program unggulan yakni Penanaman Aren dan Penaburan Indukan Benih Arwana.

Dalam menjalankan program yang dicanangkan dan berharap kepada Gubernur Riau dapat membantu merealisasikan alat berat ampibi untuk percepatan pengelolaan lahan-lahan supaya  program dicanangkan bisa segera dilaksanakan.

Selanjutnya Sebelum sambutan  Gubernur Riau  diawali dengan penyematan kartu peserta pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Budidaya Aren oleh Gubri.

Gubernur Riau, H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau tetap berkomitmen untuk mendukung program pengembangan per hutan Sosional,dimana program ini merupakan salah satu prioritas Nasional yang diintruksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Berharap agar perhutan sosial menjadi bagian dari strategi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di Provinsi Riau, dalam upaya mewujudkan pengolahan kawasan hutan secara lestari, yang mana sering kali terjadi ilegal loging, perambahan hutan yang tentu tidak kita harapkan bersama.

"Kami  mengapresiasi  gapoktan hutan kemasyarakatan Tambusai Utara Rawa seribu bekerja sama dengan Dinas LHK Provinsi Riau yang menyelenggarakan agenda penanaman bibit aren bersama pada hari ini," Ujar Gubri.

Disampaikan Gubri, ada sebanyak 10.000 batang pokok aren dari 20.000 jumlah secara keseluruhan yang nantinya akan ditanam.

"Pemerintah Provinsi Riau, melalui DLHK bersama beberapa pihak terus berupa  mendorong percepatan pengembangan perhutan sosial, sebagai bagian dari  rencana aksi Riau Hijau," jelasnya.

Ditambahkannya, keberhasilan perhutan sosial di Provinsi Riau diharapkan tidak hanya dari sisi target luasan saja, namun hendaknya mampu mengembangkan pengelolaan perhutan sosial yang berkualitas sehingga betul-betul memberi manfaat bagi masyarakat.

Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar Kementerian terkait ditingkat Nasional, OPD ditingkat Provinsi maupun Kabupaten serta beberapa pihak termasuk masyarakat di dalamnya.

Terlkait  permohonan yang disampaikan Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara yang mana dirinya menyarankan pihak Gapoktan melalui Desa dan Camat mengajukan Surat agar alat berat ampibi yang ingin di pinjam, bisa dipakai untuk menggarap lahan Gapoktan HKm Tambusai Utara di Rawa Seribu.

Kemudian realisasi pemekaran delapan (8) Desa yang diajukan Pemerintah Rokan Hulu saat ini berkas tersebut sudah berada di meja Sekretaris Prmerintah Provinsi Riau  diusahakan hari ini akan ditandatangani supaya cepat bisa direalisasikan.

Samsuar menghimbau kepada Gapoktan HKm Tambusai Utara agar selalu melakukan koordinasi dan konsultasi kepada pemerintah daerah dan LHK terutama dalam menjalankan program program yang ingin dikerjakan. dan juga kawasan ini agar ditanami drngan pohon khas  Riau seperti pohon Tampui, Meranti dan lainnya agar kawasan ini bisa menjadi wahana yang bisa dapat diketahui dan dipelajari oleh anak, cucu nantinya.

Sementara itu, Bupati  Rohul H Sukiman mengakui bahwa Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu daerah penghasil gula aren, yang saat ini tercatat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Rokan IV Koto dengan  luas 9,7 hektar dan kecamatan Tandun seluas 17,01 hektar. kemudian 200 hektar di lahan gapoktan hutan kemasayarakatan Tambusai Utara.

"Gapoktan petani aren hutan kemasyarakatan Tambusai Utara ini menjadi gapoktan petani aren pertama dan satu-satunya di Kabupaten Rokan Hulu bahkan di Provinsi Riau,"terangnya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas perhatian dan bantuan berupa 20 ribu pokok enau," tambah Bupati.

Pantauan dilapangan terlihat ,Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Bupati Rohul, Sukiman  juga melakukan penaburan bibit arwana sebanyak 7 ekor, dimana 4 diantaranya adalah  betina dan lainnya jantan-ADV