Besi Penyangga Tower PLN Dicuri, Listrik di Pekanbaru dan Kampar Padam


Selasa, 05 Juli 2022 - 11:59:13 WIB
Besi Penyangga Tower PLN Dicuri, Listrik di Pekanbaru dan Kampar Padam Ilustrasi/foto:via iNews

RIAUIN.COM - Tower Sutet di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, roboh. Hal ini disebabkan besi penyangga tower PLN dicuri orang tak dikenal.

Akibatnya, tower 70 MW Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Balai Pungut Unit 1-7 (trip) tidak bisa mensuplai arus listrik yang mengakibatkan sejumlah wilayah di Pekanbaru dan Kampar menjadi padam.

Kapolsek Siak Hulu, Kompol, Rusyandi Zuhri Siregar membenarkan pihaknya telah menerima laporan pencurian besi penyanggah di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

"Benar kita sudah menerima laporan tersebut. Kasusnya masih dalam penyelidikan," katanya, Selasa (5/7/2022) siang.

Ia berharap agar pelaku pencurian segera terungkap.

"Mohon doanya semoga bisa menangkap para pelaku," tutupnya.

Sebelumnya diketahui, usai besi penyangga Tower PLN dicuri, pihak PLN bergerak cepat membangun tower darurat menggantikan sementara kedua tower yang lumpuh tersebut

Manajer PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Pekanbaru, Aris Sofian Hidayat mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengatasi permasalahan tower tersebut.

"Langkah awal yang ditempuh PLN untuk mengatasi permasalahan tower tersebut adalah segera memasang tower darurat sebanyak dua tower agar dapat segera mengalirkan energi listrik ke sub sistem kelistrikan Provinsi Riau," katanya.

Sampai hari ke tiga pelaksanaan recovery, Minggu, 3 Juli 2022, proses pendirian tower darurat sudah mencapai sekitar 60 persen.

Dijelaskan Aris, lokasi tower yang berada di area rawa-rawa juga sedikit menjadi kendala bagi tim recovery dalam mobilisasi material dan peralatan.

Pada pemasangan tower darurat tersebut PLN UPT Pekanbaru menurunkan sejumlah tim teknis dibantu juga oleh Tim dari berbagai Unit Pelaksana PLN yang tersebar di Sumatera.-dnr