65 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Riau, 8 Belum Cukup Umur


Rabu, 29 Juni 2022 - 20:39:50 WIB
65 Orang Mendaftar Calon Anggota Bawaslu Riau, 8 Belum Cukup Umur Proses penyerahan berkas Neil Antariksa kepada Timsel Bawaslu Riau/foto:dok. Neil

RIAUIN.COM - Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menerima pendaftaran calon anggota Bawaslu tahun 2022. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 22 dan berakhir 30 Juni 2022 besok.

Anggota Tim Seleksi (Timsel) Lufita Nur Alfiah mengatakan, hingga saat ini Timsel telah menerima sebanyak 65 berkas pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Provinsi Riau.

"Ini adalah hari keenam setelah dibuka pendaftaran Bawaslu mulai tanggal 22 kemarin dan insyaallah akan berakhir di tanggal 30 Juni besok. Sejauh ini terakhir sore kemarin pendaftar 65 orang yang sudah mendaftar. Hari ini belum bisa kita hitung karena menunggu nanti sore jam 16.00 WIB," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung PGRI lantai 2 Jalan Sudirman, Pekanbaru, Rabu (29/6/2022).

Anggota Tim Seleksi Bawaslu Riau, Lufita Nur Alfiah 

Dirincikan Lufita, dari 65 pendaftar yang telah diterima Timsel sejauh ini, ada 8 pendaftar yang belum cukup umur. Dalam petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan bawaslu, calon anggota Bawaslu pada saat mendaftar harus berusia minimal 35 tahun.

"Minimal kan 35 tahun, tapi ada yang mendaftar berumur 23, 25 tahun (masih, red) fresh graduate. Sejauh ini ada 8 orang yang mendaftar dibawah usia yang ditetapkan," tutupnya.

Selain itu, sebut Lufita, dari 65 orang yang sudah mendaftar, terdapat salah satu Komisioner Bawaslu aktif yang telah memasukkan berkasnya kepada Timsel.

"Ada, Pak Neil Antariksa," sebutnya.

Lufita memaparkan, Timsel dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang siap menelurkan anggota Bawaslu yang terbaik, berintegritas serta diutamakan memiliki pengalaman di bidang kepemiluan.

"Namanya Tim Seleksi harus selektif. Bahwa yang dipilih itu harus memang orang yang punya, pertama yang paling diutamakan adalah integritas, kemudian kedua pengalaman di bidang kepemiluan, independen dan netral," jelas Lufita.

Selanjutnya, seluruh pendaftar yang telah memasukkan berkas ke Timsel berasal dari kalangan yang beragam. Mulai dari Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota di Riau, wiraswasta, pengacara, pensiunan Polri bahkan Komisioner KPID Riau yang masih aktif.

Sesudah berakhirnya pendaftaran, Timsel akan melakukan tahapan perbaikan berkas yang berlangsung selama 5 hari terhitung tanggal 30 Juni hingga 5 Juli. Kemudian, ada masa perpanjangan kalau jumlah pendaftar tidak mencapai kuota minimum yang telah ditetapkan.

"Artinya jumlah minimum itu delapan kali jumlah komisioner yang akan dipilih," terangnya.

Kemudian, kata Lufita, setelah perpanjangan ada penelitian dan verifikasi berkas pada tanggal 6-12 Juli. Bagi yang lolos administrasi, bisa lanjut tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan dan terakhir wawancara.

Terpisah, Anggota Bawaslu Riau Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariksa ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya telah menyerahkan berkas pendaftaran untuk calon anggota Bawaslu tahun 2022.

"Ya, mendaftar nomor 64 dan pendaftaran pada hari ini 65 orang," katanya.

Untuk diketahui, jabatan 3 anggota Bawaslu Riau akan berakhir pada bulan September mendatang. Saat ini ada 5 anggota Bawaslu Riau yang masih aktif. Kelima anggota Bawaslu Riau itu adalah Rusidi Rusdan, Ketua/koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Neil Antariksa, koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat Dan Hubungan Antar Lembaga.

Selanjutnya, Gema Wahyu Adinata, koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran, H Amiruddin Sijaya, koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi dan Hasan koordinator Divisi SDM dan Organisasi.-dnr