Kementan Gelar Pelatihan di Kabupaten Toba untuk Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian


Rabu, 29 Juni 2022 - 13:19:49 WIB
Kementan Gelar Pelatihan di Kabupaten Toba untuk Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian Foto: Antara

RIAUIN.COM - Sekitar 34 penyuluh dari Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan [BP3K] Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara mengikuti pelatihan tentang Kajian Penyuluhan Pertanian dan Publikasi serta Penggunaan Zoom untuk Penyuluhan di kantor Dinas Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Toba selama pada  21 - 23 Juni 2022.

Pelatihan digelar oleh Tim Dosen Polbangtan Medan dengan fasilitator Dwi Febrimeli, Yusra Muharami Lestari, dan Puji Wahyu Mulyani dalam upaya Pembinaan BP3K. Peserta mengikuti antusias pelatihan berupa pre test dan post test untuk mengukur kemampuan kognitif peserta setelah mendapatkan materi pelatihan.

Polbangtan Medan selaku Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] yang merupakan unit pelaksana teknis [UPT] pendidikan dari Kementerian Pertanian RI menggelar pelatihan tersebut sebagai implementasi UU Sistem Pendidikan Nasional No 20/2013, utamanya Pasal 20, salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Langkah tersebut sejalan harapan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo bahwa Kementan terus mendorong penggunaan teknologi informasi, yang menjadi tuntutan saat ini dan ke depan guna mewujudkan pertanian, maju, mandiri dan modern.

"Sesuai perkembangan teknologi, Kementan mendorong seluruh jajaran pusat, dinas pertanian provinsi, kabupaten dan penyuluh semuanya sudah berbasis teknologi informasi," kata Mentan Syahrul dikutip dari antara.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa Era 4.0 yang ditandai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet, telah menyentuh sektor pertanian. 

"Kementan memanfaatkan hal itu untuk memperkuat data berbasis teknologi. Selain itu Kementan juga menyiapkan SDM berkompeten untuk mendukung upaya tersebut," katanya.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengakui bahwa teknologi informasi dan internet mendorong terciptanya sistem manajemen dalam proses pendataan yang berbasis teknologi. Hal ini juga mempermudah dalam memberikan Informasi dari daerah ke pusat.

"Data yang reliabel jadi basis ketepatan implementasi kebijakan hingga aspek evaluasi. Data itu sebagai sumber informasi yang sangat penting, data adalah awal dan akhir dari manajemen," kata Yuliana Kansrini dalam sambutannya yang disampaikan Dwi Febrimeli pada pelatihan di Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Pemkab Toba.

Sementara pelatihan dibuka oleh Kabid Penyuluhan Distan Pemkab Toba, Apul Simanjuntak yang berharap peserta pelatihan dapat menyerap materi pelatihan untuk implementasi di lapangan bersama petani dan nelayan.

Tim dosen Polbangtan Medan mengurai materi tentang bagaimana pelaksanaan kajian penyuluhan mulai dari penetapan masalah hingga melakukan analisis data serta bagaimana mendownload aplikasi zoom, mendaftar di aplikasi zoom dan menggunakanaplikasi zoom. (*)