Wagubri Tandatangani MoU Bersama Percepatan MPP  


Selasa, 28 Juni 2022 - 23:32:53 WIB
Wagubri Tandatangani MoU Bersama Percepatan MPP   Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti acara penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) percepatan penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) sekaligus pengarahan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara

RIAUIN.COM- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengikuti acara penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) percepatan penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) sekaligus pengarahan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual, Selasa (28/6/2022).

Ada beberapa kementerian, lembaga, BUMN dan badan hukum publik yang melakukan penandatanganan nota kesepahaman pada hari ini, dengan menggunakan tanda tangan elektronik yang didukung oleh sertifikasi elektronik Badan Siber dan Sandi Negara.

Adapun beberapa lembaga tersebut, yaitu Mahakam Agung, Kementerian Keuangan, Kemenkumham, Kementrian Agama, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Jaksa Agung.

Kemudian, Kepolisian Republik Indonesia, BNN, BPOM, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Perpustakaan Nasional RI. Berikutnya, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen Persero, dan PLN.

Menteri PANRB Ad Interim, Mahfud MD melaporkan bahwa MoU tersebut dilakukan oleh kementerian lembaga dan BUMN yang memiliki layanan dasar yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui MPP.

"Instansi tersebut telah melakukan pembahasan secara intensif terkait substansi dalam nota kesepahaman serta telah menyepakati kerjasama dalam penyelenggaraan pelayanan publik melalui MPP dalam lingkup kewenangan masing-masing," ucapnya.

Mahfud MD melanjutkan, beberapa poin pokok kesepakatan dalam nota kesepahaman ini melingkupi perumusan kebijakan pemantauan dan evaluasi, pembinaan dan pengawasan.

"Penyediaan sarana prasarana SDM dan anggaran serta perputaran data informasi dalam penyelenggaraan pelayanan pada MPP," sebutnya.

Ia mengatakan, adapun arah tahap selanjutnya dalam arah kebijakan MPP adalah mendorong penguatan kelembagaan pada MPP dari aspek struktur organisasi dan SDM.

"Secara paralel akan terus dilakukan pengembangan sistem pelayanan MPP digital yang dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat modern dan handal," tuturnya. -adv