Harga CPO Indonesia di Pasar Dunia Rontok, Ini Pemicunya


Selasa, 28 Juni 2022 - 12:18:11 WIB
Harga CPO Indonesia di Pasar Dunia Rontok, Ini Pemicunya Ilustrasi/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) ambyar pada pekan ini. Ada beberapa fundamental yang mengerek harga CPO anjlok. Tercatat, harga CPO pekan ini Rp 8.522,69 per kg.

Mengutip pernyataan Ketua Perdagangan dan Perencana di Kaleesuwari Intercontinental Gnanasekar Thiagrajan bahwa ekspor CPO Indonesia yang kini mulai membanjiri pasar nabati dunia, tidak sebanding dengan permintaannya.

Sejak beberapa waktu lalu, Indonesia telah mengeluarkan izin ekspor CPO sebanyak 894.481 ton di bawah skema Domestic Market Obligation (DMO). Di bawah DMO, sebuah perusahaan menerima kuota ekspor berdasarkan volume penjualan lokal mereka. 

"Ketika supply CPO Indonesia tengah memenuhi pasokan di pasar nabati dunia, demand terhadap CPO malah berpotensi turun. Melansir Reuters, impor minyak sawit India per Mei tercatat turun 10% ketimbang bulan sebelumnya karena Indonesia sempat melarang ekspor CPOnya," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa (28/6/2022).

China dan India merupakan konsumen terbesar minyak kelapa sawit dunia, sehingga potensi penurunan pada permintaannya akan menekan harga CPO.

"Sementara harga CPO dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati saingan karena bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar global," jelasnya.-dnr