Komisi II DPRD Bengkalis Tinjau Lokasi Perumda Air Minum Tirta Terubuk di Siak Kecil


Rabu, 15 Juni 2022 - 23:55:14 WIB
Komisi II DPRD Bengkalis Tinjau Lokasi Perumda Air Minum Tirta Terubuk di Siak Kecil Komisi II DPRD Bengkalis saat meninjau lokasi Perumda Air Minum Tirta Terubuk di Siak Kecil, Senin (14/6/2022). | Foto : hms

RIAUIN.COM - Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis bersama PUPR menghadiri undangan PDAM untuk bersama-sama melakukan peninjauan sarana dan prasarana aktivitas PERUMDA air minum Tirta Terubuk di Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil dan sekitarnya, Senin (14/6/2022) lalu.

Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana Zuhandi mengatakan, setelah melihat beberapa titik lokasi ternyata selama ini fasilitas yang ada tidak pernah dioperasikan dengan alasan bisa di suplai dari Pakning. Namun untuk kebutuhan dan juga untuk efisiensi kedepan PDAM mau mencoba menggunakan teknologi baru dengan sistem Nano.

Rombongan pada saat itu meninjau keadaan lokasi, kemudian mengumpulkan data-data di lapangan masalah jumlah sambungan, jumlah potensi kedepannya, kemudian sistem pengolahan yang dibuat.

"Kita melihat sistem Nano sangat cocok untuk daerah Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana dan juga Bengkalis karena sumber air bakunya adalah sumber air baku yang berasal dari air tawar, dan itu cocok pengolahanya dengan sistem Nano tersebut, sehingga keberadaan fasilitas Perumda Air Minum Tirtha terubuk di Kecamatan Siak Kecil ini betul - betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," jelas Zuhandi yang juga anggota Komisi II DPRD Bengkalis ini.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Bengkalis, H Adri, mengatakan terkait investasi dan pasaran biaya dan lainnya nanti ini bisa diskusikan pada pihak-pihak terkait, apalagi sudah ada semacam lampu hijau dari investor yang siap untuk berinvestasi. 

"DPRD pada prinsipnya mendorong sepanjang itu untuk kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi ini sejalan dengan visi dan misi kepala daerah Ibu Kasmarni untuk masyarakat yang BERMASA," katanya.

Dengan terpenuhinya masalah air baku menjadi air bersih kata H. Adri masyarakat di Siak Kecil dan di Sungai Pakning akan sejahtera lagi ke depannya.

"Harapan kita ini bisa berjalan dengan cepat dan bisa segera diimplementasikan dan tindak lanjut setelah ini Insya Allah nanti kita undang pihak terkait ke DPRD untuk mendiskusikan lebih lanjut," tutup H. Adri.

Kunjungan tersebut juga diikuti anggota Komisi I Zuhandi, anggota Komisi II Susianto SR, Kepala PDAM Cabang Sungai Pakning Juli Hendri, dan Dinas PUPR Irwandi. ***