Bus Pengangkut 45 CJH Merangin Kecelakaan di Batanghari


Senin, 27 Juni 2022 - 13:29:12 WIB
Bus Pengangkut 45 CJH Merangin Kecelakaan di Batanghari Ilustrasi

RIAUIN.COM - Bus PO Family Raya BH 7057 FU yang mengangkut calon jemaah haji (CJH) asal Merangin mengalami kecelakaan tunggal di Desa Simpang Aurgading, Kecamatan Bathin XXIV, Batanghari, Minggu (26/6).

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Bus berwarna hijau tersebut nyungsep ke dalam parit yang bersemak hingga posisinya nunggit. Semua penumpang yang trauma segera dievakuasi ke masjid terdekat.

Informasi yang dihimpun Metro Jambi, bus disopiri Maris (48), warga Pematang Kandis, Bangko, tersebut berangkat dari Merangin pagi hari. Ada 48 orang di dalam bus, yakni CJH, sopir dan kernet.

Semua CJH itu masuk Kelompok Terbang (Kloter) 12  pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah. 

Kapolres Batanghari AKBP M Hasan saat dikonfirmasi mengatakan, pagi itu bus melaju dari arah Sarolangun ke arah Muaratembesi dengan kecepatan normal. “Sekitar 60 hingga 80 kilometer per jam,” kata Hasan dikutip dari metrojambi.

Bus melaju bersama rombongan CJH lainnya, dikawal oleh Patwal Polres Merangin. Setibanya di lokasi kejadian, PO Family Raya hendak mendahului kendaraan yang berada di depannya.

Namun, pada saat yang sama, dari arah berlawanan datang kendaraan lain. Sopir bus langsung ambil jalur kiri dan turun ke bahu jalan.

“Saat hendak naik dari berem (bahu jalan, red) ke badan jalan, diduga ban sebelah kiri slip sehingga bus terperosok,” kata Kapolres. Kepada polisi, sopir Maris sempat mengaku kelelahan.

Saksi mata mendengar suara teriakan kaget para penumpang saat kejadian. Namun semua penumpang selamat.

“Aman. Kondisi mereka baik-baik saja,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi Zoztafia yang dihubungi terpisah.

Bahkan Zoztafia memastikan semua CJH tersebut akan tetap diberangkatkan ke tanah suci sesuai jadwal. “Jadwal tidak terganggu sama sekali. CJH masih menginap di asrama sesuai jadwal,” ujarnya.

CJH Merangin masuk Kloter 12 bersama CJH asal Sarolangun, Bungo dan Tebo. Mereka akan diberangkatkan menuju Bandara Hang Nadim Batam pada Senin (27/6) pagi.

“Waktu masih panjang, sehingga jadwal keberangkatan tidak mengalami perubahan,” kata Zoztafia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merangin Marwan Hasan saat dikonfirmasi mengaku usai kejadian pihaknya menghubungi Kemenag Provinsi Jambi. 

Dia meminta CJH yang kecelakaan tersebut dijemput dengan bus lain dari Jambi. Sambil menunggu bus pengganti, semua CJH diistirahatkan di masjid terdekat dari lokasi kejadian. 

Koordinator Media Center Haji Jambi Yazid menyatakan bahwa sekitar pukul 14.29 WIB, CJH asal Merangin itu diangkut menuju Asrama Haji di Kotabaru, Jambi. “Sudah begerak dan bentar lagi sampai (Asrama Haji)," katanya.

Sorenya, semua CJH tersebut sudah mengikuti pembekalan yang dipimpin langsung oleh Bupati Merangin.

“Seluruh jemaah haji Kabupaten Merangin, yang berjumlah 117 orang, sudah sampai di Asrama Haji Jambi. Sekarang sedang mengikuti acara di asrama yang dipimpin langsung oleh Bupati Merangin H Mashuri,” katanya. (*)