Kelompok Tani Anggota KUD Iyo Basamo Jelaskan Kronologi Bentrok Pekan Lalu


Kamis, 23 Juni 2022 - 13:35:30 WIB
Kelompok Tani Anggota KUD Iyo Basamo Jelaskan Kronologi Bentrok Pekan Lalu

RIAUIN.COM- Ketua Kelompok Tani Hamparan Sembilan, Darisman, selaku salah satu anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Iyo Basamo mengatakan bahwa, KUD tidak pernah menyewa preman bayaran untuk menghadang warga saat terjadi kisruh pada Minggu (19/6/2022) lalu.

Menurut Darisman, pihak yang dituding sebagai preman bayaran itu adalah scurity yang dikontrak secara resmi sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh KUD Iyo Basamo sejak 2016 yang lalu.

"Perlu saya jelaskan lagi preman bayaran yang mereka berita kan itu adalah scurity untuk pengamanan kebun, bukan preman bayaran seperti yang mereka maksud. Dan scurity tersebut telah kami kontrak dari 2016 silam dan kami para anggota koperasi yang membayar gaji scurity tersebut bukan Hermayalis," ujar Darisman pada Riauin.com, Rabu (22/6/2022).

Ia menceritakan, kekisruhan yang terjadi pada hari itu disebabkan oleh adanya orang-orang yang bukan anggota koperasi yang berupaya memblokir jalan masuk koperasi sehingga para satuan pengamanan KUD bereaksi menghalau mereka yang menutup akses masuk ke kebun yang dikelola koperasi.

"Perlu saya jelaskan, yang salah adalah orang yang memblokir jalan koperasi Iyo Basamo. Mereka yang memblokir jalan itu bukan anggota koperasi," beber Darisman.

Bahkan, Darisman mengklaim, ada di antara mereka yang turut memblokir jalan akses ke kebun KUD merupakan para DPO kasus pembakaran barak koperasi pada tahun 2016 silam. Mereka juga dari awal katanya, terus berupaya melakukan bermacam-macam provokasi.

"Dan sebagian dari mereka adalah DPO kasus pembakaran barak koperasi tahun 2016 lalu. Dan kami ini lah anggota koperasi yang sah kurang lebih 900 KK," ungkap Darisman.

Menyikapi gesekan yang telah terjadi di Terantang, Kecamatan Tambang, Pemda Kampar sejauh ini telah mengambil langkah-langkah penting untuk meredam konflik terulang. Pj Bupati telah memediasi dua pihak yang bertikai di KUD Iyo basamo. Selain penyelesaian secara pemerintah, ditempuh juga cara penyelesaian lewat jalur adat. Sejauh ini kondisi di lapangan sudah semakin kondusif. -naz