Tanggapi Kisruh DPRD Kuansing, Agung Nugroho Minta Fraksinya Jangan Menjadi Bagian Perkelompokan


Sabtu, 11 Juni 2022 - 12:26:17 WIB
Tanggapi Kisruh DPRD Kuansing, Agung Nugroho Minta Fraksinya Jangan Menjadi Bagian Perkelompokan Ketua DPD Demokrat Riau Agung Nugroho

RIAUINCOM- DPD Partai Demokrat Provinsi Riau tengah melakukan roadshow politik ke 12 kabupaten dan kota se Riau. Hari ini, Sabtu (11/6/2022) roadshow tersebut dilakukan di Kabupaten Kuansing.

Partai berlambang mersi itu telah menjadwalkan sejumlah agenda turun ke masyarakat, termasuk cofe morning dengan wartawan yang bertugas di negeri jalur tersebut.

Saat acara cofe morning dengan media tadi pagi, partai besutan AHY tersebut memberikan kesempatan bagi wartawan untuk bertanya maupun memberikan masukan seputar kondisi politik yang terjadi saat ini di Kuansing.

Momen tersebut lantas digunakan sebaik baiknya oleh para media untuk bertanya tentang sikap Demokrat terkait kisruh politik yang terjadi di DPRD Kuansing.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Demokrat Riau Agung Nugroho menjelaskan bahwa, roadshow yang dilakukan oleh partai Demokrat ke Kuansing ini tidak ada hubungannya dengan kisruh yang terjadi di DPRD Kuansing.

Menurut dia, roadshow ini dilakukan guna untuk melihat langsung sejauh mana kinerja para anggota dewan dari partai tersebut. 

"Kami ingin cek apakah partai kami ini atau anggota dewan kami berkerja baik atau tidak," ujar Agung sembari menjelaskan tujuan roadshow tersebut.

Kendati roadshow tersebut tidak ada hubungannya dengan kisruh DPRD Kuansing, namun Agung mengakui telah menyampaikan secara langsung kepada fraksi Demokrat yang di DPRD Kuansing agar tidak menjadi bagian dari perkelompokan. Tapi, menjadi bagian untuk mempersatukan.

"Saya sudah sampaikan ke fraksi saya, jangan menjadi bagian perkelompokan, tapi menjadi bagian untuk mempersatukan. Bagaimana kita bisa membangun Kuantan Singingi ini jikalau dewan dengan pemerintah terpecah belah,," ujar Agung.

Agung menyarankan agar fraksinya di DPRD Kuansing segera melakukan konsolidasi sehingga dewan dan pemerintah bisa sejalan dengan baik demi kemajuan Kabupaten Kuansing.

Kisruh Politik di DPRD Kuansing.

Sekedar diketahui, pasca pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kuansing beberapa waktu lalu, hubungan sesama anggota DPRD di Kuansing tidak harmonis.

Mereka terseret saling kubu kubuan diakibatkan karena perbedaan pendapat. Ada dua koalisi yang saling bertikai sehingga sejumlah agenda sidang di DPRD terkendala.

Kedua koalisi tersebut yakni koalisi Sanjai dan Koalisi Kuansing Terhormat. Dimana, fraksi Demokrat merupakan bagian dari salah satu kubu yang bertikai. 

Selain itu, fraksi Demokrat juga menjadi bagian dari fraksi yang mengajukan nota keberatan terhadap hasil pemilihan AKD lalu. Dan menyatakan diri tidak akan menghadiri setiap agenda sidang di DPRD Kuansing sampai hasil pemilihan AKD merujuk kepada aturan yang sebenarnya menurut koalisi Sanjai.-hen