Nelayan di Inhu Segera Dapat Batuan 797 Mesin Kapal Motor dari Kementerian ESDM


Rabu, 08 Juni 2022 - 20:38:22 WIB
Nelayan di Inhu Segera Dapat Batuan 797 Mesin Kapal Motor dari Kementerian ESDM Ilustrasi/foto:Suzuki.co.id

RIAUIN.COM - Sebanyak 797 mesin kapal disalurkan kepada ratusan nelayan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) RI.

Kabid Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Irham mengatakan, bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Bantuan itu, berupa mesin kapal nelayan dari bahan bakar menjadi bahan bakar gas sebanyak 797 unit dari Kementerian ESDM pusat untuk tahun 2022 ini," kata Irham, Rabu, ( 8/6/2022 ).

Menurutnya,  jumlah mesin kapal akan di distribusikan pada warga nelayan yang berada di Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Kuala Cenaku dan Seberida.

"Penyerahan bantuan itu akan di dilaksanakan pada bulan September nanti.," jelasnya.

Selain  bantuan dari APBN, bantuan lain juga diterima dari Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau Tahun 2022 berupa alat tangkap ikan dan kapal motor.

"Bantuan ini berjumlah sebanyak 7 unit, yang akan di alokasikan pada warga nelayan di wilayah Kecamatan Rengat," sebutnya.

Untuk mendorong semangat warga nelayan sambung Irham, pada APBD Inhu Tahun 2022 ini, melalui program Dinas Pertanian dan Perikanan akan menyalurkan bantuan bibit Ikan Nila, Lele dan Gurami serta pakan.

"Semoga bantuan bidang perikanan ini dapat bermanfaat dan membantu perekonomian masyarakat penerima dimasa pandemi Covid-19 ini," tutupnya.-Gus