Insiden Penembakan Gereja Katholik di Nigeria, 50 Orang Tewas Saat Misa


Senin, 06 Juni 2022 - 15:43:27 WIB
Insiden Penembakan Gereja Katholik di Nigeria, 50 Orang Tewas Saat Misa Kondisi Gereja Katolik St. Francis di Owo Nigeria, setelah insiden penembakan oleh kelompok bersenjata, pada Minggu (5/6/2022). Foto: Rahaman A Yusuf/AP Photo/via Kumparan

RIAUIN.COM - Sedikitnya 50 orang termasuk wanita dan anak-anak dilaporkan tewas akibat penembakan di Gereja Katolik St Francis di Kota Owo, barat daya Nigeria selama misa pada Minggu, (5/6/2022).

"Sekelompok orang bersenjata menembaki orang-orang di luar dan di dalam gedung gereja, membunuh dan melukai jemaat," kata juru bicara polisi untuk negara bagian Ondo, Funmilayo Ibukun Odunlami seperti dilansir Reuters Senin, (6/6/2022).

Gubernur Negara Bagian Ondo, Arakunrin Oluwarotimi Akeredolu saat mengunjungi lokasi serangan dan korban luka di rumah sakit menggambarkan bahwa insiden itu sebagai "pembantaian besar" yang seharusnya tidak boleh terjadi lagi.

"Sangat menyedihkan ketika Misa Kudus berlangsung, orang-orang bersenjata tak dikenal menyerang Gereja Katolik St Fransiskus, banyak orang yang dikhawatirkan tewas dan banyak lainnya terluka," ujar juru bicara Gereja Katolik di Nigeria, Pendeta Augustine Ikwu. 

Ikwu menyebut, uskup dan imam dari paroki selamat dari serangan itu tanpa cedera. Seorang dokter di sebuah rumah sakit di Owo mengatakan kepada Reuters, setidaknya 50 jasad telah dibawa ke dua rumah sakit di kota itu.  Dokter yang menolak disebutkan namanya itu juga mengatakan, rumah sakit membutuhkan donor darah untuk mengobati korban luka.

Sementara itu, Presiden Muhammadu Buhari mengutuk penembakan di gereja Nigeria itu. Dia menyebut serangan itu sangat "keji". 

Sekelompok geng bersenjata kerap melakukan serangan dan penculikan untuk mendapatkan uang tebusan. Penculikan dan serangan sebagian besar terjadi di wilayah barat laut. Sementara di barat daya, serangan seperti ini jarang terjadi.-dnr