Wabup Bengkalis Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual


Rabu, 01 Juni 2022 - 11:44:45 WIB
Wabup Bengkalis Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso saat mengikuti upacara peringatah Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 secara virtual di Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (1/6/2022). | Foto : mcb

RIAUIN.COM- Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual, di Ruang Rapat Hang Jebat, Kantor Bupati, Rabu (1/6/2022).

Pelaksanaan upacara dilaksanakan di Lapangan Pancasila Ende Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Presiden Republik Indonesia Jokowi, bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut tampak menggunakan pakaian ragi lambu lukalesu dengan kain yang bermotif berpaduan warna merah dan hitam merupakan pakaian adat Ende. 

Ketibaan Presiden RI dilapangan upacara di damping Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga mengenakan pakai bermotif warna ungu tua.

Dalam upacara yang mengangkat tema "Bangki Bersama Membangun Perbedaan Dunia", terlihat H. Bagus Santoso mengenakan busana melayu, sebagai pakaian adat masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Ikut hadir mendampingi Wakil Bupati Bengkalis pada upacara peringatan hari lahir pancasila secara virtual tersebut, Sekda H Bustami HY, dan Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Drs Johansyah Syafri.

Dalam arahannya Presiden mengajak seluruh anak-anak bangsa dimana pun berada untuk Bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun Ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah, bahwa bangsa dan negara kita bisa berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karna kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila. 

"Tapi saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamatkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan negara, untuk selanjutnya kita implementasikan dalam tata Kelola pemerintahan dan juga menjiwai intraksi antar sesama anak bangsa, inilah tugas kita Bersama," ujar Jokowi.

Tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai idiologi pada tumpah darah Indonesia.

Saat ini, kita mengalami situasi dunia yang bergejolak pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir dan diikuti oleh krisis energi pangan, acaman kemiskinan exstrim, kelaparan dan juga perang di Ukraina. 

"Kita mengajak seluruh dunia bergotong royong menciptakan umat manusia yang lebih baik membangun sistim kesehatan global yang mampu menghadapi krisis dimasa depan dengan tata kelola yang lebih sehat, lebih damai dan berprikemanusian dan lebih berpribadian," jelas Presiden.

Diakhir sambutannya, Presiden mengajak seluruh pemimpin terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan para tokoh-tokoh ormas dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi tauladan, menjadi contoh aktualisasi dan nilai-nilai Pancasila.

Mengajak seluruh masyarakat bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan.

Sementara itu, usai mengikuti upacara secara virtual, Wabup menyampaikan, Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022, harus bisa jadi momentum bagi untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan ke-bhineka-an negara, keberagaman di negara ini. 

"Hal ini merupakan tantangan negara yang semakin berat. Kita butuh strategi-strategi untuk menjaga Ideologi Pancasila ini untuk menjadi pemersatu bangsa kita ini," katanya.

Tampak hadir Wakapolres Bengkalis Kompol Irnanda Oktora, Pasi Pers Kodim 0303 Bengkalis Letda Inf Erli, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Dr Hasan Nul Hakim, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bengkalis, H Hermanto, Kepala Dinas Sosial, Hj Martini, Kepala Dinas Pendidikan Hj Kholijah.-inf