Resmi Mendaftar, Prof Aziz Siap Bersaing di Pilrek Unri


Senin, 30 Mei 2022 - 16:29:25 WIB
Resmi Mendaftar, Prof Aziz Siap Bersaing di Pilrek Unri Penyerahan berkas Prof Aziz kepada Panpilrek Unri/foto:dnr

RIAUIN.COM - Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau (Unri) Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST, MT, IPU resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor di Pilrek Unri 2022.

Prof Aziz mendaftar didampingi sejumlah pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Teknik Unri, di Ruang Indragiri Gedung Rektorat Kampus Bina Widya Unri, Senin (30/5/2022) sekira pukul 09.00 WIB.

Sebagai pendaftar keempat di Pilrek Unri, Prof Aziz merasa optimis bisa bertarung dan bersaing dengan ketiga Bakal Calon Rektor yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri. Diawali pantun, Prof Aziz mengemukakan tujuan, visi dan misinya maju sebagai Bakal Calon Rektor Unri 2022

"Kacang bukan sembarang kacang, kacang lilit mawar berduri, datang bulan sembarang datang, kami datang membawa misi," ujar Prof Aziz berpantun diiringi tepuk tangan meriah seluruh pendukung yang berada di ruangan tersebut.

"Pohon kelor diperigi, daunnya rindang menari-nari, pemilihan rektor sebentar lagi, kami datang mendaftarkan diri," lanjutan pantun Prof Aziz.

Usai berpantun, Prof Aziz mengutarakan niatnya bersama sejumlah pengurus IKA Teknik Unri untuk maju menjadi Bakal Calon Rektor Unri periode 2022-2026.

Sebagai flashback, Prof Aziz menyebut, pencalonan dirinya telah melalui proses yang cukup panjang sehingga dirinya mendapatkan dukungan dari sebagian besar Anggota Senat dan dari Fakultas Teknik Unri.

"Pada tanggal 25 Mei 2022 lalu, kita sudah menyampaikan kepada Senat Fakultas dan alhamdulillah Senat Fakultas Teknik Universitas Riau merekomendasikan kita untuk maju sebagai Bakal Calon Rektor Unri Peroliode 2022-2026," papar Prof Aziz.

Prof Aziz menyampaikan, terkait pencalonan dirinya, seluruh civitas akademika Fakultas Teknik juga telah mendorong dirinya maju sebagai Bakal Calon Rektor.

"Semangat moril yang kuat yang diberikan oleh IKA Teknik yang sebelumnya pada tanggal 12 Mei 2022 menyampaikan keinginan dan hasil dari diskusi panjang juga dari IKA Teknik, meminta kami untuk maju menjadi Bakal Calon Rektor," terangnya.

Pada kesempatan itu, sebelum menyerahkan berkas kepada Panitia Pemilihan Rektor (Panpilrek), Prof Aziz menyampaikan secara garis besar visi dan misinya turut serta berkontestasi dalam Pilrek Unri tersebut. Dijelaskannya, visi misi calon rektor secara garis besar adalah mendukung visi misi Universitas Riau yang sudah ditetapkan dan dijabarkan menjadi visi misi calon rektor demi membangun Unri lebih baik ke depan.

"Disini kami memakai moto "Unri kampus terpadu, terdepan, professional, adaptif dan unggul," kata dia.

Menurutnya, ada 4 rancangan program utama apabila dirinya terpilih menjadi Rektor Unri nantinya, diantaranya adalah penerapan kampus merdeka, Agritasi Perguruan Tinggi (APT) dan mebuka kelas internasional terutama jenjang S2 dan S3 dan menarik mahasiswa asing untuk mengikuti program magister dan doktor di Unri.

Kemudian, masih kata Prof Aziz, berdasarkan Musrenbang Unri tanggal 27-29 Maret 2022 yang lalu, mengamanatkan bahwa Unri telah bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Hal ini menjadikan Unri sebagai universitas yang unggul serta berdaya saing.

Seusai memberikan sambutan, Dekan Fakultas Teknik Unri ini selanjutnya menyerahkan berkas pencalonannya kepada Panpilrek diwakili oleh Dr Elfizar SSi MKom yang didahului dengan pantun penutup.

"Tanah Melayu membawa berkah, Kampus Unri selalu dibanggakan, sambutan kami cukuplah sudah, segala yang salah mohon dimaafkan," ujar Prof Aziz berpantun.

"Hari lebaran makan ketupat, nikmat rasanya dicampur rendang, walaupun kami pendaftar keempat, semoga kami menjadi pemenang," Prof Aziz mengakhiri.

Ketua Panpilrek UNRI Dr Elfizal SSi MKom bersama tim melakukan verifikasi berkas yang diserahkan tersebut. Seusai verifikasi, berkas yang diserahkan tersebut dinyatakan lengkap oleh Panpilrek.

"Jadi setelah kami verifikasi kelengkapan dokumen ini, maka kami dengan senang hati menyatakan bahwa semua berkas yang diserahkan itu telah lengkap. Dengan ini kami nyatakan bahwa pendaftaran Bakal Calon Rektor Unri periode 2022-2026 atas nama Prof Azridjal Aziz dengan ini kami terima," ujar Elfizal.

Sebelumnya, tiga orang Bakal Calon Rektor telah lebih dulu mendaftar kepada Panpilrek Unri. Sesuai dengan jadwal, panitia akan menerima pendaftaran Bakal calon Rektor hingga Selasa 31 Mei 2022 besok.

"Sudah tiga berkas Bakal Calon rektor yang kami terima, masing-masing adalah Dr Ir Deni Elfizon MSc, Prof Dr Sri Indarti MSi, dan Prof Dr Iwantono Mphill," jelas Elfizal.

Perlu diketahui, Professor Azridjal Aziz menyelesaikan sarjana Teknik Mesin di Univesitas Andalas, kemudian melanjutkan Master di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung.

Pada Tahun 2012 beliau menyelesaikan program doktoralnya di Graduate School of Science and Engineering, Mechanical Engineering, Saga University, Jepang. Selanjutnya, pada Desember 2018 ia meraih gelar Guru Besar dalam Bidang Rekayasa Termal dan Fluida.

Selain sebagai Pejabat Struktural, mengajar dan meneliti, Prof Aziz juga aktif di dunia keinsinyuran dengan mendapatkan gelar tertinggi yang di berikan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yaitu Insinyur Profesional Utama atau di singkat IPU. Disamping itu, dirinya juga menjadi reviewer di berbagai jurnal ilmiah serta menghasilkan banyak artikel ilmiah baik nasional maupun international.

Sebelum menjadi Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau saat ini, ia pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, kerjasama dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Riau, Ketua Prodi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Unri, Kepala Laboratorium Pemeliharaan, Kepala Laboratorium Rekayasa Termal dan Energi.

Dari sederet pengalaman manejerial di pengguruan tinggi, pengalaman di dunia penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengajaran dan organisasi keprofesian serta besarnya dukungan dan berbagai pihak, tentunya akan menjadi modal besar bagi Prof Aziz untuk bisa menjadi salah satu kandidat kuat dan terpilih sebagai Rektor Unri pada Pilrek yang digelar pada 27 Juli mendatang.

Selain itu, seluruh pengurus dan anggota IKA Teknik Unri telah menyatakan dukungan penuh kepada Prof Aziz untuk maju sebagai Calon Rektor Unri menggantikan Prof Aras Mulyadi yang masa jabatannya akan berakhir di tahun 2022 ini.-dnr