Speedboat Tabrak Pompong di Tembilahan, Kapten Kapal dan 3 Penumpang Tewas


Senin, 30 Mei 2022 - 08:53:11 WIB
Speedboat Tabrak Pompong di Tembilahan, Kapten Kapal dan 3 Penumpang Tewas Ilustrasi/foto:dok. Basarnas Balikpapan via Tempo.co

RIAUIN.COM - Sebuah Speedboat berpenumpang 11 orang bertabrakan dengan kapal pompong bermuatan 5 tonase bahan sembako, Minggu (29/5/2022) sekira pukul 16.30 WIB. Peristiwa itu terjadi di perairan Sungai Piring Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

Kapal Speedboat Air Tawar itu disewa oleh satu keluarga dengan tujuan pergi berobat. Speedboat dinakhodai Ijal itu berangkat dari Desa Air Tawar Kecamatan Kateman menuju RSUD Puri Husada Tembilahan.

Dalam insiden ini, 4 penumpang speedboat termasuk kapten kapal dilaporkan meninggal dunia dan 10 orang lainnya selamat. Keempat korban yang meninggal adalah Sukmawati (56), Masyitah Rahayu (30) dan seorang anak bernama M Adam Siregar (7). Ketiganya merupakan warga Sungai Guntung Kecamatan Kateman, Inhu. 

Sementara 1 orang lainnya yakni nakhoda speedboat bernama Ijal (26) sempat dilarikan ke RSUD Tembilahan namun dalam perjalanan, korban tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Kantor Basarnas Pekanbaru, Ishak mengatakan, pada Minggu tanggal 29 Mei 2022 sekitar pukul 20.00 WIB pihaknya telah menerima informasi dari seorang warga Sungai Piring. Warga itu mengatakan, bahwa telah terjadi kecelakaan laut antara Speedboat Air Tawar tujuan Sei Guntung-Tembilahan dengan Kapal Pompong dari Tembilahan tujuan Sungai Piyai.

"Sekitar pukul 19.50 WIB Spedboat Air Tawar melintasi perairan Sungai Piring, karena pada saat itu situasi sudah gelap, Kapal Speedboat tersebut menabrak sebuah Kapal Pompong. Pada saat itu kapal pompong tersebut tidak ada lampu rambu kapal sehingga tidak terlihat oleh Kapten Speedboat Air Tawar tersebut," ujar Ishak, Senin (30/5/2022).

Akibat kejadian itu, kata Ishak, Speedboat Air Tawar mengalami kerusakan dan tenggelam. Saat kejadian itu, 3 orang meninggal dunia, sementara Kapten Kapal Speedboat mengalami luka-luka dan meninggal dunia saat hendak dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke rumah sakit di Tembilahan.

"Saat ini korban meninggal dunia dan luka luka serta penumpang yang lainya sudah di evakuasi ke Puskesmas Sungai Piring untuk mendapatkan pertolongan medis. Sedangkan 3 ABK Kapal Pompong yang mengalami kecelakaan dengan Speedboat Air Tawar keadaan selamat," jelas Ishak.

Selanjutnya, masih kata Ishak, pada Senin (30/5/2022) pukul 00.30 dini hari WIB, seluruh korban selamat dan meninggal dunia telah selesai dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan.-dnr