Pangdam I/BB Bersama Bupati Bengkalis Tanam Bibit Jambu Jamaika


Rabu, 25 Mei 2022 - 11:15:45 WIB
Pangdam I/BB Bersama Bupati Bengkalis Tanam Bibit Jambu Jamaika Pangdam I/BB tanam Jambu Jamaika/foto:mika

RIAUIN.COM - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Achmad Daniel Chardin, secara langsung terjun ke lapangan untuk meninjau pelaksanaan kegiatan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 oleh Kodim 0303/Bengkalis, Selasa (24/5/2022).

Sebelum meninjau ke titik sasaran fisik, pihaknya terlebih dahulu dijamu makan siang oleh Bupati Bengkalis, Kasmarni dan Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-113 Kodim Bengkalis.

Setelah ramah-tamah dan menyantap penganan yang disajikan, rombongan Pangdam, Bupati Bengkalis dan Kepala Staf Korem (Kasrem) 031 Wira Bima Kolonel (Inf) Habzen Sianturi segera menuju lapangan terbuka di Pos Komando (Posko) TMMD guna melaksanakan giat bakti sosial berwujud penanaman pohon.

Benar, ketiga pejabat-pejabat penting dari unsur pemerintahan dan militer ini segera menanam pohon Jambu Jamaika bernama latin Syzygium Malaccense. Penanaman pohon buah-buahan itu ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya penghijauan serta sisi keuletan dengan menggerakkan geliat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lewat bercocok tanam buah-buahan.

“Semoga dengan ini kesadaran masyarakat tumbuh. UMKM bukan hanya berjualan gorengan atau produk makanan ringan, menanam buah-buahan juga sangat menjanjikan. Buahnya bisa dijual atau bisa dijadikan manisan dengan pangsa pasar yang lebih luas. Jelas peluang-peluang tersebut sangat menjanjikan dan layak dikembangkan,” kata Pangdam I/BB, Ahcmad Daniel Chardin.

Segera ketiganya menanam bibit Jambu Jamaika dan menyiram air dengan harapan tanaman tersebut segera tumbuh dan menghasilkan buah terbaik. 

“Sekaligus ini jadi kenang-kenangan untuk pengurus dan anak-anak di Pondok Pesantren Al-Bahja ini, karena mereka dengan tulus menyediakan fasilitasnya sebagai Pos Komando dan barak sementara Satuan Tugas TMMD ke-113 Kodim 0303 Bengkalis. Semoga kebaikan berbuah kebaikan dan nikmat dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutup Pangdam.-mika