40 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat, Ini Masalahnya


Selasa, 24 Mei 2022 - 11:28:09 WIB
40 Calon Jemaah Haji Asal Riau Batal Berangkat, Ini Masalahnya Ilustrasi/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Sebanyak empat puluh jemaah haji asal Provinsi Riau batal berangkat ke Tanah Suci disebabkan belum mengkonfirmasi pelunasan Biaya Pemberangkatan Ibadah Haji (BPIH).

Subkordinartor pendaftaran dan dokumen haji reguler Kemenag Riau, Hari Kurniawan, Selasa mengatakan, pihaknya memberikan kesempatan konfirmasi pelunasan kepada calon jamaah sejak 9-20 Mei 2022.

Dari 2304 total jemaah yang akan berangkat, 40 jamaah yang gagal menuju tanah suci. 40 calon jemaah haji  itu berasal dari berbagai daerah di Riau. Mereka tak mengkonfirmasi pelunasan dengan berbagai alasan, yaitu kondisi kesehatan yang tak memungkinkan, terpisahnya dengan mahrom yang telah melebihi umur dan lainnya.

"Hingga batas waktu, sebanyak 40 calon jamaah tidak melakukan konfirmasi pelunasan. Jadi untuk penggantinya kita ambil dari nomor urut porsi yang terkecil," ucapnya.

Untuk memenuhi kuota yang kosong karena jamaah haji yang tak mengkonfirmasi pelunasan, maka akan diisi oleh cadangan yang telah dipersiapkan Kemenag Riau.

"Cadangan yang tercatat saat ini sekitar 500-an calon jamaah. Mereka dapat mengisi kekosongan jamaah yang batal berangkat," lanjutnya.

Dipaparkan Hari, jadwal keberangkatan jemaah haji masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, sesuai penyusunan kloter dan pembagian kelompok terbang.

"InsyaAllah dalam waktu dekat akan kami publikasikan jumlah total yang akan berangkat," tutupnya.-dnr