Jalan Suka Ramai-Senama Nenek Rusak Parah, PHE Siak Tuding Truk Sawit Jadi Pemicu


Senin, 23 Mei 2022 - 12:04:45 WIB
Jalan Suka Ramai-Senama Nenek Rusak Parah, PHE Siak Tuding Truk Sawit Jadi Pemicu foto: truk bermuatan logistik terperosok ke lubang jalan Sukaramai-Senema Nenek Tapung Hulu

RIAUIN.COM - Kondisi jalan penghubung Sukaramai-Senama Nenek di Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, kondisinya rusak cukup parah. Banyak badan jalan yang berlobang dan bahkan di beberapa titik tak memiliki aspal lagi di semua bagian jalan.

Beberapa pihak menuding, kondisi ini disebabkan oleh armada berat milik Pertamina Hulu Energi Siak (PHES) dan Subkon PHES yang melintasi jalan tersebut.

Untuk itu, Kepala Desa Senama Nenek, Abdul Rakhman Chan meminta pihak PHES ikut berkontribusi dalam merawat jalan tersebut. 

Sebab, kata Abdul Rakhman Chan, jalan ini amat vital dalam menunjang aktivitas sosial ekonomi masyarakat di beberapa desa Kecamatan Tapung Hulu.

Pihak PHES melalui Humasnya, Renita telah memberikan pernyataan menyangkut kondisi jalan Sukaramai-Senama Nenek ini.

Kepada Riauin.com beberapa waktu lalu, Renita mengatakan, kendaraan PHES yang melintasi jalan tersebut mayoritasnya adalah kendaraan ringan. Sedangkan untuk kendaraan trailer, sebutnya, hanya sesekali melintas saat ada perbaikan sumur minyak.

"Sebagai informasi pak, untuk kendaraan kami yang melalui jalan Senama Nenek-Sukaramai itu kebanyakan kendaraan ringan. Sedangkan untuk armada trailer kami biasanya melewati jalan tersebut saat akan ada operasi perawatan sumur," ucap Renita.

Renita menjelaskan, pihak PHE Siak selalu melakukan perbaikan setiap kali trailer melewati jalan tersebut.

"Saat sebelum dan sesudah melintas jalan tersebut selalu kami perbaiki, minimal dengan perataan menggunakan alat berat dan penambahan sirtu," ucapnya.

Renita menyebut, pemicu jalan menjadi rusak dan hancur disebabkan oleh truk-truk sawit yang ramai melintas di sana.

"Sedangkan yang melewati jalan tersebut juga banyak truk sawit," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Riauin.com, pada Kamis (19/5/2022), kondisi jalan Sukaramai-Senama Nenek memang rusak parah. Bahkan karena kondisinya ini, tak jarang kendaraan bermuatan terperosok ke lubang yang banyak terdapat di badan jalan tersebut.

Saat melintasi jalan tersebut, laju kendaraan kami sangat terbatas karena permukaan badan jalan banyak lobang. Beberapa kali bagian bawah kendaraan kami membentur permukaan jalan akibat kondisi tidak rata. Belum lagi debu yang seketika mengepul akibat kendaraan di depan kami begitu menggangu pandangan mata.

Intinya, kondisi jalan Suka Ramai-Senama Nenek sangat memprihatinkan. 
Secara administrasi pemerintahan, jalan ini berstatus jalan provinsi sehingga perawatan dan pemeliharaannya berada dalam wewenang provinsi, bukan menjadi wewenang kabupaten.-naz