Jabatan Catur Sugeng Selesai, Tunggakan Jamkesda RSUD Bangkinang Tembus Rp10 M


Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:07:46 WIB
Jabatan Catur Sugeng Selesai, Tunggakan Jamkesda RSUD Bangkinang Tembus Rp10 M RSUD Bangkinang/foto:naz

RIAUIN.COM - Jabatan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto berakhir pada Senin (23/5/2022) ini. Hari ini, Minggu (22/5/2022) merupakan hari terakhir Catur Sugeng menjabat sebagai Bupati.

Terkait selesainya masa jabatan Catur Sugeng, banyak persoalan yang tinggalkan dan belum terselesaikan. Diantara sekian banyak permasalahan itu, yang paling disorot ialah pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang.

Proyek pembangunan gedung rawat inap RSUD Bangkinang yang baru tidak selesai atau terbengkalai. Bahkan pihak penegak hukum sudah menetapkan beberapa orang tersangka dalam dugaan korupsi pada proyek bernilai 46 miliar lebih tersebut.

Selanjutnya, tunggakan biaya berobat warga miskin di Kampar dalam Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di RSUD Bangkinang yang menembus angka 10 miliar.

Angka tunggakan sebesar itu kami dapatkan dari pengakuan yang disampaikan oleh Direktur RSUD Bangkinang, dr Asmara Fitrah Abadi.

Sebut dr Asmara Fitrah Abadi, tunggakan yang telah dibayar baru sekitar 2 miliar saja. Menurutnya, tunggakan terus membengkak akibat tidak dilunasi  pemerintah daerah. Sementara itu, kata dr Fitrah, pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu tidak dihentikan.

"Pelayanan kesehatan warga miskin tidak dihentikan, makanya membengkak tunggakan karena tidak dibayar," ucap Asmara Fitrah Abadi yang akrab disapa Ifie ini, pada Riauin.com, Jumat (20/5/2022).

Untuk diketahui, Dr H Kamsol yang kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Riau ditunjuk sebagai Pejabat Bupati Kampar menggantikan Catur Sugeng Susanto.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, Kamsol akan dilantik Gubernur Riau Syamsuar, Senin (23/5/2022) besok sekira pukul 08.00 WIB di Balai Serindit.-naz