Mulai Menggeliat, Ekonomi di Sumbar Diyakini akan Membaik 2022


Sabtu, 21 Mei 2022 - 06:04:59 WIB
Mulai Menggeliat, Ekonomi di Sumbar Diyakini akan Membaik 2022 Foto: Antara

RIAUIN.COM - Ekonomi Sumatera Barat diyakini akan membaik pada 2022 berkaca dari angka pertumbuhan pada triwulan I yang dinilai mulai menggeliat.

"Melihat perkembangan yang ada kami yakin keberadaan belanja pemerintah dan APBN akan berperan serta menggairahkan ekonomi Sumbar," kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Sumbar Heru Pudyo Nugroho di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu pada rapat koordinasi dan konsolidasi pelaksanaan Kemenkeu Satu pada perwakilan Kementerian Keuangan di Sumatera Barat.

Menurut dia pada triwulan I 2022 ekonomi Sumbar tumbuh 3,64 persen dan kendati masih di bawah nasional namun dibandingkan triwulan sebelumnya mengalami kenaikan.

"Karena itu kami optimistis seiring semakin membaiknya aktivitas masyarakat dan status pandemi berakhir ekonomi semakin membaik," katanya dikutip dari antara.

Ia melihat sinyalemen tersebut tergambar saat aktivitas mudik yang amat ramai masuk ke Sumatera Barat.

"Artinya pada triwulan II kita sudah punya modal dan fondasi yang kuat untuk lebih baik lagi," kata dia.

Pihaknya berupaya mengakselerasi sisi belanja pemerintah sehingga pertumbuhan ekonomi terus bergerak naik.

"Peran belanja pemerintah masih signifikan bagi Sumbar dan sesuai arahan presiden APBN harus dioptimalkan untuk membantu pemulihan ekonomi di daerah," ujarnya.

Ia menyebutkan hingga April 2022 dari sisi pendapatan sudah mencapai Rp2,99 triliun dan sisi belanja mencapai Rp6,47 triliun dari total alokasi Rp29,84 triliun.

"Persentasenya sudah hampir 20 persen dan akan terus kami upayakan melakukan akselerasi agar bisa tercapai lebih baik," katanya.

Ia berharap keberadaan APBN dan belanja pemerintah benar-benar bisa berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumbar. (*)