Pernyataan Sanusi Dikecam, Mantan Presma: Mungkin Beliau Tidak Menginginkan Helat Porprov di Kuansing


Jumat, 20 Mei 2022 - 18:15:01 WIB
Pernyataan Sanusi Dikecam, Mantan Presma: Mungkin Beliau Tidak Menginginkan Helat Porprov di Kuansing PLT Bupati Kuansing Drs Suhardiman Amby

Pernyataan Sanusi Dikecam, Mantan Presma: Mungkin Beliau Tidak Menginginkan Helat Porprov di Kuansing

RIAUINCOM- Pernyataan Wakil Ketua II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau, Sanusi dinilai melukai hati masyarakat Kuansing. Padahal, Sanusi sendiri berasal dari Kabupaten Kuansing.

Dalam pidatonya kemarin saat Raker KONI di Kuansing, Kamis (19/5/2022), Sanusi meragukan kesiapan panitia besar (PB) Kuansing sebagai tuan rumah dalam menggelar helat pekan olahraga tersebut.

Banyak hal yang diragukan Sanusi, termasuk kesiapan penginapan untuk menampung ribuan atlit yang akan bertanding pada Porprov X mendatang.

Menanggapi pernyataan Waka II KONI Riau tersebut, mantan presiden mahasiswa Universitas Islam Kuansing (Uniks), Heri Guspendri menilai pidato keraguan Sanusi itu kurang tepat.

Bahkan pidatonya tersebut terkesan melukai perasaan masyarakat Kuansing. 

"Saya pribadi sangat menyayangkan pernyataan Sanusi itu, beliau orang Kuansing, saya rasa masyarakat Kuansing sedih dan terlukai dengan pernyataan itu," kata Heri.

Menyimak pidato Sanusi tersebut, sambung Heri, seakan-akan beliau itu tidak menginginkan Porprov X di adakan di Kuansing. " Ini sangat kita sayangkan. Padahal beliau itu juga orang Kuansing," celetuk Heri.

Mestinya Sanusi bukan meragukan, akan tetapi ikut membimbing dan memberi saran yang tepat untuk kampung halamannya, pinta Heri.

Dikatakan Heri, kalaupun Porprov diselenggarakan di Pekanbaru, seluruh hotel dan penginapan yang ada disana  juga tidak akan mampu menampung atlit sebanyak 5000 orang.

"Saya rasa bang Sanusi Anwar sepertinya mencari kesalahan kesalahan Kuansing sebagai tuan rumah. Saya pun tidak tahu ini apa maksudnya," kata Heri.

Senada dengan itu, PLT Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam pidatonya kemarin pun menjawab keraguan yang disampaikan Sanusi.

"Saya sedikit terpancing dengan kritikan KONI Riau tadi. Percayakan saja pada Kuansing sebagai tuan rumah. Kuansing ini sudah biasa menerima orang banyak. Tak usah risau," tegas Suhardiman.

Kata Suhardiman, telah banyak agenda besar yang digelar di Kuansing. Pun ratusan ribu orang datang, ,"Tidak ada masalah," katanya.

Apalagi Porprov yang hanya melibatkab puluhan ribu saja, jika penginapan yang ada tidak sanggup menampung,ujar Suhardiman, maka gedung gedung Pemerintahan Daerah (Pemda) bisa digunakan. Termasuk Gedung Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS).

" Gedung Uniks itu bisa menampung ribuan orang banyaknya," tambahnya.

Selain itu, Suhardiman mengaku telah memerintahkan camat-camat untuk mendata rumah rumah penduduk untuk di jadikan homstay. Tujuannya supaya perputaran ekonomi terjadi di ajang Porprov tersebut.

" Saya pikir  ke khawatiran Waka II  KONI Riau seperti itu adalah masalah kecil bagi kami di Kuansing. Yang penting kalian datang kesini, nginap disini dan belanja disini. Soal dana kami siap," tutup Suhardiman sembari menyebutkan dana Silfa Rp130 miliar bisa dipakai untuk persiapan gelaran tersebut.-hen