65 Kades di Inhu Ikuti Pembekalan Awal Masa Jabatan


Rabu, 18 Mei 2022 - 10:07:12 WIB
65 Kades di Inhu Ikuti Pembekalan Awal Masa Jabatan Pembekalan Kades se-Inhu di Hotel Furaya Pekanbaru/foto:gus

RIAUIN.COM - Sebanyak 65 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pilkades Serentak 2021 mengikuti pembekalan sebelum mengawali masa jabatan, di Ballroom Hotel Furaya Pekanbaru, Selasa (17/5/2022) malam.

Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi berpesan kepada 65 orang Kades agar senantiasa mematuhi kewenangan dan aturan perundang-undangan dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

Selain itu, Bupati Rezita juga mengajak seluruh Kades untuk selalu bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desa masing-masing sebagai bagian dari satu kesatuan pemerintahan desa dan selalu intensif berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan serta OPD di tingkat kabupaten.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan pembekalan awal Kades ini, karena menjadi pemimpin masyarakat tidaklah mudah. Banyak permasalahan yang akan dihadapi, salah satunya adalah era disrupsi, yaitu era banyaknya penemuan baru yang membawa perubahan besar di berbagai aspek kehidupan. Salah satu dampaknya yaitu pelayanan publik," kata Rezita.

Bupati termuda ini menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan Kades dalam menghadapi era disrupsi yaitu dengan terus meningkatkan kualitas SDM, melakukan transformasi digital dan berinovasi. 

"Saya berharap jika tiga langkah tersebut dijalankan secara serentak, maka visi misi kita menuju Inhu cemerlang akan lebih mudah dan cepat tercapai," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu Roma Doris menyampaikan pembekalan awal Kades ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu kepada Kepala Desa terpilih agar dapat menghadapi permasalahan yang terjadi selama menjadi pemimpin desa. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 17 sampai dengan 20 Mei 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Inhu, Roma Doris menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu kepada kepala desa terpilih agar dapat menghadapi permasalahan yang terjadi selama menjadi pemimpin. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 17 sampai dengan 20 Mei 2022.

Pembekalan awal kades diikuti 65 Kades yang terdiri dari 63 orang hasil Pilkades serentak tahun 2021 dimana 2 Kades meninggal dunia dan 2 orang Kades lainnya merupakan pengganti antar waktu (PAW).

Dalam acara pembekalan awal kades itu, turut hadir Ketua Komisi III DPRD Inhu Taufik Hendri, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Inhu, Syahrudin, Asisten III Administrasi Umum Setdakab Inhu, Erlina Wahyuningsih, Inspektur Inhu, Boyke David Elman Sitinjak, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Riswidiantoro, Pimpinan Cabang Bank Riau Air Molek, Benny Saputra, dan 14 camat se-Inhu. -gus