Pentingnya Pengetahuan Tentang Rheologi pada Industri Pangan


Rabu, 18 Mei 2022 - 01:01:49 WIB
Pentingnya Pengetahuan Tentang Rheologi pada Industri Pangan Fadlila Endyra, Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor.

Rheologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perubahan bentuk dan aliran dari fluida. Penerapan ilmu rheologi ini sudah banyak diterapkan di berbagai bidang mulai dari farmasi, pembuatan cat, kosmetik, dan khususnya pada industri pangan. 

Rheologi penting dipelajari pada industri pangan karena dalam mengembangkan suatu produk makanan sifat rheologi, struktur masing-masing bahan yang digunakan dalam produk harus diketahui terlebih dahulu agar dapat merancang alat-alat produksi dan menentukan desain proses produksi. Rheologi pada umumnya erat berkaitan dengan viskositas atau biasa disebut kekentalan. 

Contoh yang sederhana yaitu kekentalan dari suatu bahan saat proses produksi perlu diketahui untuk merancang sistem transportasi bahan dalam bentuk pipa-pipa aliran. Jika kita tidak mengetahui kekentalannya dan alat yang dirancang tidak sesuai dengan sifat rheologi dari bahan pangan tersebut, maka dapat terjadi hambatan saat proses produksi misalnya aliran pipa terlalu lambat atau bahkan tidak dapat mengalir karena gaya yang diberikan tidak sesuai dengan jenis fluidanya. 

Selain untuk desain proses produksi, rheologi juga berpengaruh penting dalam penerimaan konsumen terhadap suatu produk. Contohnya bagaimana respon konsumen terhadap mudah atau tidaknya produk selai dioleskan pada roti. 

Produsen dapat pula mengetahui bagaimana waktu dan suhu dalam proses penyimpanan produk dalam hal viskositas yang akan mempengaruhi produk mereka. 

Dari contoh-contoh yang telah disebutkan ini dapat dijabarkan dalam hal apa saja rheologi diperlukan dalam industri pangan yaitu perhitungan teknik proses seperti pompa dan mixer, menentukan komposisi fungsional dalam pengembangan produk, pengujian umur simpan, evaluasi tekstur makanan yang berhubungan dengan data sensori, dan juga analisis persamaan rheologi. ***

 

* Fadlila Endyra  adalah Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor