Kades Ajak Warga Lanjutkan Pembangunan Masjid Nurul Yaqin Desa Teluk Sungkai


Selasa, 17 Mei 2022 - 12:45:39 WIB
Kades Ajak Warga Lanjutkan Pembangunan Masjid Nurul Yaqin Desa Teluk Sungkai Pembangunan Masjid di Desa Teluk Sungkai Inhu/foto:gus

RIAUIN.COM -  Kepala Desa Teluk Sungkai Rosmizar, bersama puluhan warga menggelar gotong-royong dalam rangka pembangunan perluasan Masjid Nurul Yaqin  yang terletak di Dusun Sekayan Deras, Kampung Lumu, Desa Teluk Sungkai Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

"Alhamdulillah dengan semangat gotong-royong dan kekompakan masyarakat desa, telah kita lakukan pengecoran pondasi mesjid. Pendanaan dilakukan secara berswadaya," kata Rosmizar, Selasa (17/5/2022).

Dikatakannya, pendanaan dikumpulkan dengan cara swadaya bermodalkan dana awal dari kas mesjid sebesar Rp45.012.000 yang dikumpulkan melalui  infak harian dan  Jumat'an. Ditambah sumbangan 11 sak semen dari hamba Allah, dan 100 sak semen beserta 2 mobil colt disel batu kerikil dari H Latif seorang pengusaha sawit asal Desa Tanjung Sari.

Masih kata Rosmizar, pengurus masjid bersama warga berharap adanya para dermawan yang turut membantu pembangunan masjid tersebut.

"Proposal ada, dan sedang diajukan kepada pemerintah provinsi juga Pemda Inhu serta para pejabat di OPD Inhu yang peduli dengan pembangunan rumah ibadah," sebut Kepala Desa Teluk Sungkai ini.

“Pekerjaan seberat apapun kalau kita kerjakan bersama-sama akan menjadi ringan, mudah mudahan pembangunan mesjid ini cepat selesai sehingga masyarakat bisa lebih rajin beribadah meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT,” harap Rosmizar. 


Sementara itu, Ketua Masjid Nurul Yaqin Rosmizar didampingi Bendahara Masjid Arpan menyebutkan, rencana renovasi perluasan bangunan masjid tersebut telah disepakati oleh masyarakat. Rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan masjid juga telah dibuat dengan perkiraan anggaran biaya sekitar 1,5 miliar.

Sejak dibangun tahun 2004 lalu, katanya, hingga kini tidak ada lagi penambahan pembangunan Masjid Nurul Yaqin yang terletak di Dusun Sekayan Deras Kampung Lumu, Desa Teluk Sungkai, Kuala Cenaku Indragiri Hulu Riau.

Dengan memiliki ukuran 9 x 12 meter,  dengan jumlah penduduk sebanyak 214 kepala keluarga dari dua dusun ini, tidak dapat lagi menampung jemaah, terlebih di saat melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 H.-gus