Berdasar Hasil Survey, Elektabilitas Prof Aziz Tertinggi dan Calon Kuat Rektor Unri


Kamis, 12 Mei 2022 - 17:16:41 WIB
Berdasar Hasil Survey, Elektabilitas Prof Aziz Tertinggi dan Calon Kuat Rektor Unri Dekan Fakultas Teknik Unri Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST, MT, IPU/foto:dnr

RIAUIN.COM -  Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST, MT, IPU unggul dalam poling Calon Rektor Universitas Riau (Unri) periode 2022-2026 dalam survey online yang dilakukan oleh PollingKita.com.

Poling ini dibuka tanggal 4 Oktober 2021 dan ditutup pada tanggal 11 Oktober 2021 jam 12 siang. Responden yang ikut berpartisipasi memberikan suara pada poling ini sebanyak 6863 orang.

Sebanyak 1331 responden memilih Prof Dr Eng Ir Azridjal Aziz, ST, MT, IPU atau sebanyak 19,4%. Dekan Fakultas Teknik yang biasa disapa Prof Aziz ini mendapat suara terbanyak dari 16 orang calon lainnya.

Terkait hal itu, Ketua IKA Teknik Unri, H Eka Putra Nazir, ST MSc ketika dijumpai usai audiensi dengan Dekan Fakultas Teknik Unri menyambut baik kabar itu. Menurutnya, hal itu merupakan kabar baik karena belum ada Calon Rektor Unri yang berasal dari Fakultas Teknik. Disamping itu Prof Aziz mendapat rating tertinggi dalam poling tersebut.

"Ada poling dilaksanakan oleh PollingKita.com, menyatakan bahwasanya yang mendapat rating tertinggi justru beliau (Prof Aziz) dibandingkan calon-calon yang ada, inilah yang jadi pembahasan kami," sebut Eka, usai audiensi di ruang Dekan Fakultas Teknik Unri, Kamis (12/5/2022).

Untuk diketahui, Professor Azridjal Aziz menyelesaikan sarjana dari Teknik Mesin Univesitas Andalas, kemudian melanjutkan Master di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung.

Pada Tahun 2012 beliau menyelesaikan program doktoralnya di Graduate School of Science and Engineering, Mechanical Engineering, Saga University, Jepang. Selanjutnya, di Desember 2018 beliau meraih gelar Guru Besar dalam Bidang Rekayasa Termal dan Fluida.

Selain sebagai Pejabat Struktural, mengajar dan meneliti, Prof Aziz juga aktif di dunia keinsinyuran dengan mendapatkan gelar tertinggi yang di berikan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yaitu Insinyur Profesional Utama atau di singkat IPU. Disamping itu beliau juga menjadi reviewer di berbagai jurnal ilmiah serta menghasilkan banyak artikel ilmiah baik nasional maupun international.

Sebelum menjadi Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau sekarang, beliau dulunya juga pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, kerjasama dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Riau, ketua prodi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Unri, Kepala Laboratorium Pemeliharaan, Kepala Laboratorium Rekayasa Termal dan Energi.

Dari sederet pengalaman manejerial di pengguruan tinggi, pengalaman di dunia penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengajaran dan organisasi keprofesian serta besarnya dukungan dan berbagai pihak  yang tergambar dalam pooling ini, akan menjadi modal besar bagi Prof Aziz untuk bisa menjadi salah satu kandidat kuat Calon Rektor Universitas Riau.

Selain itu, seluruh pengurus dan anggota IKA Teknik Unri telah menyatakan dukungan penuh kepada Prof Aziz untuk maju sebagai Calon Rektor Unri menggantikan Prof Aras Mulyadi yang masa jabatannya akan berakhir di tahun 2022 ini.

Untuk diketahui, Unri akan memasuki usia 60 tahun yang  akan diperingati tanggal 1 Oktober 2022. Dengan usianya tersebut, tentu banyak harapan dari civitas akademika Unri dan masyarakat Riau untuk bisa mewujudkan Unri yang Unggul dan Berdaya Saing kepada Rektor Unri periode 2022 - 2026 yang akan terpilih nantinya.

Kita tunggu saja siapa gerangan sosok yang akan menjadi Rektor Unri pada Juni mendatang.-dnr