Diguyur Hujan Deras 3 Jam, Ratusan Rumah di Binjai Kebanjiran


Kamis, 12 Mei 2022 - 13:22:40 WIB
Diguyur Hujan Deras 3 Jam, Ratusan Rumah di Binjai Kebanjiran Personel BPBD Kota Binjai memandu pengendara mobil supaya tidak terperosok ke lubang yang tergenang banjir. Foto: Sumutpos

RIAUIN.COM – Ratusan rumah di Kecamatan Binjai Timur dan Binjai Utara, Kota Binjai, terendam akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kota rambutan itu selama tiga jam, Rabu (11/5). Lalulintas di sejumlah ruas jalan protokol yang terendam, pun mengalami kemacetan.

Seperti di Jalan Soekarno-Hatta atau Jalan Medan-Binjai, Kecamatan Binjai Timur, terjadi kemacetan panjang. Sat Lantas Polres Binjai dan Dishub Binjai melakukan rekayasa lalu lintas buka tutup dan mengarahkan melalui jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan arus kenderaan dari Medan tujuan Bahorok, Binjai maupun Stabat-Aceh.

Bagi pengendara dari arah Medan dengan tujuan Stabat-Aceh, diarahkan ke Jalan Wahidin. Sedangkan pengendara dengan tujuan Bahorok, dialihkan ke Jalan Gajah Mada.

Tim SAR dan BPBD Kota Binjai masih siaga memberikan petunjuk kepada pengemudi yang melintasi Jalinsum Soekarno Hatta Kota Binjai. “Kami dipandu petugas BPBD, supaya tidak terperosok ke jalan yang tergenang banjir,” kata Amiruddin, pengemudi minibus dari Medan tujuan Bukit Lawang, Langkat.

Personil Brimob Kompi A Kota Binjai juga nampak siaga di kawasan banjir Kota Binjai. Hingga berita ini dilansir, arus lalu lintas bergerak padat merayap melintasi Jalinsum Soekarno Hatta Kota Binjai.

Pemukiman warga di sepanjang Jalan Sisingamangaraja, Kota Binjai, juga terendam banjir setinggi sekira 30 hingga 50 cm. Akibatnya, banyak mobil yang terendam. “Mobil kami pun terendam,” kata Ucok, seorang warga dikutip dari sumutpos.

Sementara, Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai, Rudi Iskandar Baros mengatakan, sejauh ini ratusan rumah di dua kecamatan yang terdata, terendam banjir. “Ya, ada seratusan rumah yang tergenang banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Binjai,” kata Rudi Iskandar Baros, ketika dikonfirmasi, Rabu (11/5) malam.

Dia menjelaskan, seratusan rumah yang terendam itu di Kelurahan Nangka, Binjai Utara; Kelurahan Dataran Tinggi, Kelurahan Tunggurono, Binjai Timur; Kelurahan Sukaramai, Binjai Barat dan Asrama Kebun Lada. “Untuk jumlah, pastinya masih dalam pendataan lebih lanjut,” ujar mantan Kabag Humas Setdako Binjai ini.

Rudi menambahkan, genangan air hingga masuk ke rumah masyarakat karena debit air berlebih. Artinya, drainase yang menampung guyuran hujan tidak sanggup hingga berbuntut air meluap. “Petugas BPBD Binjai sudah turun ke lokasi dan membersihkan aliran drainase yang diduga menjadi penyebab tersumbatnya saluran air tersebut. Jadi ini bukan banjir dari sungai,” tambah dia.

Sementara, cuaca buruk yang terjadi di Kota Binjai juga mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Sei Batang Serangan, Kelurahan Pujidadi, Binjai Selatan. Pun begitu, pohon yang tumbang ini sudah dievakuasi oleh BPBD Kota Binjai. “Pohon tumbang yang terjadi diakibatkan hujan deras yang disertai angin kencang. Pohon tumbang hingga menutupi badan jalan,” tandasnya.

Berbeda di media sosial, mobil terendam di banjir area parkir di Kelurahan Tunggurono, Binjai Timur. Meski demikian, genangan air mulai surut sejalan dengan hujan mulai reda. (*)