Perlu Kerja Sama Masyarakat dan DPKP Antisipasi Kebakaran


Selasa, 10 Mei 2022 - 17:51:26 WIB
Perlu Kerja Sama Masyarakat dan DPKP Antisipasi Kebakaran Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Drs H Eddiwan Shasby MM

RIAUIN.COM- Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Drs H Eddiwan Shasby MM mengatakan diperlukan kerja sama antara masyarakat dan DPKP untuk mengantisipasi kebakaran. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya pencegahan sejak dini terjadinya musibah kebakaran.

Langkah tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPKP sebagai institusi yang menangani masalah bencana kebakaran dan penyelamatan, baik pada sebelum, saat kejadian maupun setelah terjadi bencana.

Dalam rangka mitigasi bencana atau mengurangi korban pada saat bencana kebakaran, diperlukan berbagai kesiapan, baik kesiapan dari masyarakat maupun kesiapan dari petugas penanggulangan bencana. Salah satu indikator dari kesiapan petugas penanggulangan bencana adalah memberi rasa aman kepada masyarakat. 

Data kejadian kebakaran pada tahun lalu, kasus Kebakaran diantaranya terjadi pada saat Bulan Ramadhan, maka perlu upaya antisipasi untuk menurunkan angka kejadian kebakaran, baik melalui imbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan berbagai potensi terjadinya kebakaran.

"Dengan upaya tersebut diharapkan angka kasus kebakaran pada tahun ini mampu kita kurangi atau kita hilangkan. Untuk itu, perlu kerja sama dari segenap lapisan masyarakat, karena penyebab kebakaran pada umumnya dari beberapa faktor kelalaian dan kurang kewaspadaan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Dijelaskan Eddiwan, masyarakat harus lebih dapat berperan aktif dengan upaya pencegahan (sebelum) dan penanganan (saat) kejadian kebakaran. Karenanya, masyarakat diimbau dan diajak agar dapat melakukan upaya sebagai berikut, 

A. Upaya Pencegahan Kebakaran

Alarm Asap atau Smoke Alarms

Pasang alarm asap di setiap ruang, terutama ruangan dapur, ruang tidur, dan di tiap lantai. Untuk perlindungan terbaik, Anda bisa mempararelkan semua alarm asap di dalam rumah, jadi ketika satu alarm menyala maka alarm lain juga ikut menyala.

Lakukan pengecekan alarm asap paling sedikit sebulan sekali dengan menggunakan tombol pengetesan.

Ganti alarm asap setiap 10 tahun.
Pastikan setiap orang dapat mendengar bunyi alarm.

Alarm asap yang dapat bersuara lebih efektif untuk anak yang sedang tidur.

Buat rencana evakuasi kebakaran rumah.

Miliki paling sedikit 2 jalan keluar ditiap ruangan, jika memungkinkan, dan di luar tempat pertemuan, praktekkan rencana tersebut dua kali setahun.

Ketika alarm asap berbunyi, segera keluar rumah dan selalu tetap berada di luar.
Listrik.

Jauhkan lampu dari benda apapun yang dapat terbakar seperti pelindung lampu, kasur, gorden, dan pakaian.

Ganti kabel listrik yang rusak dan retak.
gunakan sambungan kabel hanya untuk pengkabelan yang sifatnya sementara, pertimbangkan menggunakan sirkuit tambahan yang dibuat oleh tukang listrik yang mahir.

Hubungi tukang listrik yang mahir jika Anda memiliki masalah dengan fuse atau braker listrik yang turun atau sesuatu yang berbau terbakar pada alat listrik anda.

Merokok
Jika Anda merokok, merokoklah di luar rumah atau ruangan.

Gunakan asbak rokok yang dalam dan tidak mudah terbakar.

Jangan pernah merokok di dalam rumah ketika oksigen digunakan.

Simpan korek di dalam lemari terkunci dan jauhkan dari jangkauan anak.

Jangan merokok di tempat tidur atau ketika Anda merasa ngantuk.

Dapur

Jangan tinggalkan dapur dalam keadaan kompor menyala.

Matikan kompor lalu angkat panci dan wajan. Begitu juga jika menggunakan oven, keluarkan makanan dan matikan oven.

Jauhkan kompor dari barang-barang yang mudah terbakar, seperti lap, sarung tangan oven, bahkan gorden dapur.

B. Upaya Penanggulangan Kebakaran

Saat Kebakaran

Tetap tenang saat menghadapi kebakaran.
Jika kebakaran kecil dan masih bisa diatasi, segera padamkan dengan alat pemadam kebakaran yang ada seperti APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau jika tidak memiliki APAR, Anda juga bisa memadamkan api dengan menggunakan karung goni yang dibasahi air).

Jika kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik, segera matikan listrik di rumah.
Tutup ruangan lokasi kebakaran agar tidak menjalar ke ruang lain tetapi jangan dikunci, untuk memudahkan jika akan memadamkan kobaran api.

Jika kebakaran besar, segera keluar rumah dan ajak semua keluarga meninggalkan rumah segera. Jangan sibukkan diri untuk mengumpulkan barang di dalam rumah.

Hindari menghirup asap yang tebal, misalnya dengan cara merangkak dan bernafas dengan mendekatkan muka ke lantai, gunakan kain basah sebagai penutup hidung, hal ini akan membantu Anda untuk bernafas.

Jika Anda melalui pintu yang tertutup, periksalah dengan seksama suhu daun pintu dengan menempelkan belakang telapak tangan Anda. Kemudian periksa handle pintu. Jika terasa panas pindah melalui jalur lain.

Jika perlu lakukan latihan evakuasi jika terjadi kebakaran agar upaya penyelamatan dapat berjalan lebih cepat.

Segera hubungi Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kab.Inhil melalui ; Nomor telepon  0768 244 88  jika api tidak dapat Anda kendalikan sendiri.     

Siap melayani masyarakat 1×24 gratis. ***