Jarang Ngantor, Inspektorat Akui Periksa Oknum Pejabat di Setda Kuansing


Rabu, 20 April 2022 - 16:07:30 WIB
Jarang Ngantor, Inspektorat  Akui Periksa Oknum Pejabat di Setda Kuansing Kepala Onspektoraf Kuansing Darwin

RIAUIN.COM- Kepala Inspektorat Kabupaten Kuansing Darwin mengakui telah memeriksa oknum pejabat inisial DM yang berdinas di Bagian Umum Sekretariat Daerah.

Menurut laporan, DM sering bolos kerja sehingga atasanya merekomendasikan inspektorat untuk memeriksanya.

"Benar, kami sudah memeriksanya. Dan sudah kami rekomendasikan kepada atasanya untuk diberikan sanksi," kata Darwin saat berbincang dengan Riauin.com, Selasa (19/4/2022) kemarin.

DM, kata Darwin, sering tidak masuk kantor pada tahun 2021 lalu. Berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP), DM mengaku memiliki masalah keluarga. Sehingga ia tidak menjalankan tugas sebagai abdi negara.

"Dia mengaku punya masalah keluarga. Itu alasannya," ungkap Darwin.

Mendengar alasan tersebut, lantas Darwin menimpali bahwa, seluruh pegawai memiliki keluarga dan pasti punya masalah dengan keluarga.

"Saya jawab, kalau itu yang menjadi alasan, semua pegawai kan punya masalah. Karena mereka juga punya keluarga, tapi mereka tetap ngantor," kata Darwin.

"Belum tentu masalah dia lebih berat ketimbang dengan yang lain. Kalau itu yang menjadi alasan gak masuk kerja, gak cocok," cerita Darwin ketika menjawab alasan oknum yang diperiksanya.

Berdasarkan pemeriksaan kata Darwin, DM ini terpantau tidak masuk kantor lebih kurang 20 hari lamanya. Menurut Darwin, jika DM telah melebihi waktu yang ditentukan selama 46 hari tidak masuk kantor, maka yang bersangkutan wajib diberhentikan.

"Masih 20 hari, belum 46 hari. Jika nanti yang bersangkutan tidak mau berubah, dan akumulasi ketidakhadirannya mencapai 46 hari, maka wajib diberhentikan dari PNS," tambah Darwin.

Karena sudah diberi teguran keras, ucap Darwin, yang bersangkutan berjanji akan merubah kelakuannya dan tidak lagi akan malas datang ke kantor.

"Dia sudah janji akan berubah," tutup Darwin.-hen