Wabup Rohul Sebut Peringatan Nuzul Quran Bukan Sekedar Simbol 


Selasa, 19 April 2022 - 15:51:10 WIB
Wabup Rohul Sebut Peringatan Nuzul Quran Bukan Sekedar Simbol  Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan saat memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Riahdul Muttaqin, Kecamatan Kunto Darussalam, Senin (18/4/2022) malam. | Foto : hms.

RIAUIN.COM- Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan menyebutkan peringatan Nuzul Quran yang jatuh pada setiap 17 Ramadhan bukan hanya sekedar simbol. Hal itu dikatakan Wabup saat menghadiri peringatan Nuzul Quran di Masjid Riahdul Muttaqin, Kecamatan Kunto Darussalam, Senin (18/4/2022) malam.

"Malam Nuzul Quran yang kita peringati setiap tanggal 17 Ramadhan bukan hanya sekedar simbol turunya Kitab Suci al Quran. Namun juga sebagai sumber hukum agam untuk dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup umat Islam," kata Wabup.

Tampak hadir pada acara tersebut anggota DPRD Kabupaten Rohul, Zulfahmi dan M Hasbi Assodiqi, Staf Ahli Bupati Rohul, Suharman dan Sariaman, Kadis Kesehatan, dr Bambang Triono, Kepala DPKAD El Bizri S STP, M Si, Kabag Kesra, H Umzakirman S Ag, M Ma, Plt Kesbangpol Irvandri, Kepala Bazna Rohul Drs H Armen ZA, Pimpinan Bank Riau Kepri Pasir Pengaraian, Edwin Indra SE, Camat Kunto Darussalam Ruslan S Sos, Lurah Kunto Darussalam, Aly Yusuf S Sos, M IP, Penceramah Ustad Yulihesman S Ag M Pd.

Untuk itu, lanjut dia ada dua makna yang terkandung dalam peringatan Nuzul Quran. Pertama, menjadikan peringatan Nuzul Quran sebagai instropeksi diri dan sebagai introprosfektif.

"Intropeksi merupakan bahan perenungan, sudah sejauh mana kita membaca, menghafal dan mengamalkan isi kandungan al Quran dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya. 

Budaya membaca al Quran harus dapat dipupuk sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari bagi masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membacanya tetapi masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu Ustad kondang ibukota, Yulihesman dalam ceramahnya mengimbau seluruh umat Islam supaya menjadikan al Quran pedoman hidup sehari-hari, yakni dengan membaca, mengamalkan serta mentadabburnya sesuai dengan perintah Allah SWT.

"Di dalam Bulan Suci Ramadhan ini mari kita perbanyak membaca al Quran, baik siang maupun malam dan tidak ada waktu tanpa membaca al Quran," tuturnya. -yus