Bual-bual Sehat Tim PKRS RSUD Puri Husada Bersama Gemilang FM Radio, Ini yang Harus Dilakukan Perempuan Cegah Kanker Serviks


Kamis, 24 Februari 2022 - 14:49:18 WIB
Bual-bual Sehat Tim PKRS RSUD Puri Husada Bersama Gemilang FM Radio, Ini yang Harus Dilakukan Perempuan Cegah Kanker Serviks

RIAUIN.COM - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan bekerjasama dengan Gemilang FM Radio melakukan Bual-bual Sehat, dengan tema Kanker Serviks, Rabu (23/2/22).

Kegiatan yang dipusatkan di Studio Gemilang FM Radio, di Komplek Kantor Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Jalan Akasia Tembilahan ini menghadirkan narasumber dr Gusfrizer SpOG.

Tampak hadir saat itu, perwakilan Bidang Promosi Kesehatan RSUD Puri Husada Tembilahan, Astika Kusuma Dewi SKM, Endang Faridawati SKM dan Ns Lia Elvina SKep.

Dalam paparannya, dr Gusfrizer SpOG menjelaskan, kanker serviks adalah pertumbuhan sel tak terkendali yang terjadi pada leher rahim. Leher rahim atau serviks merupakan bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus.

Semua wanita berisiko menderita kanker serviks. Namun, wanita yang aktif secara seksual cenderung lebih terpengaruh, melakukan hubungan seksual secara rutin dengan berlainan pasangan merupakan faktor utama penyebab kanker serviks. Selain hubungan seksual di luar pernikahan, kebiasaan merokok pada wanita turut memicu kehadiran virus dari Human Papiloma Virus (HPV).

"Kanker serviks ini tidak dapat dilihat, karena terdapat di dalam anatomi tubuh wanita, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit. Gejala umum yang timbul biasanya berupa keputihan yang berkelanjutan dan menyebabkan cairan yang berbau tidak sedap," ujar dr Gusfrizer SpOG.

Tingginya kasus kanker serviks saat ini ditularkan melalui hubungan seksual maupun melalui non seksual. Pada aspek lainnya, pasien umumnya terjangkit kanker serviks sebesar 70 peesen dalam keadaan stadium 2B. Artinya, stadium lanjut dan harus dilakukan tindakan operasi.

Adapun cara pencegahannya, diungkapkan dr Gusfrizer SpOG, adalah dengan menjalani pola hidup bersih dan sehat, mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi, selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan.

"Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan buruk ini. Hindari berhubungan intim saat usia dini, jangan bergonta-ganti pasangan apalagi diikuti dengan hubungan intim," terangnya.

Kemudian, kepada kaum perempuan juga dipesankan agar menjaga kesucian dan kemurniannya. "Ikuti saja yang sesuai dengan ajaran agama agar selamat dunia dan akhirat," tambahnya.

Senada dengan itu, Perwakilan Bidang Promosi Kesehatan RSUD Puri Husada Tembilahan Astika Kusuma Dewi SKM mengatakan, jika ada keluhan oleh kaum perempuan terutama pada kandungan dan alat kelaminnya harus segera diperiksakan ke tempat pelayanan kesehatan.

"Apabila ada merasakan keluhan-keluhan atau gejala-gejala seperti disebutkan sebelumnya, silakan datang dan periksakan diri di Puskesmas yang ada di Inhil," imbuhnya.