Kabar Baik ke Petani Karet, Harga Bokar di Rohil Melonjak


Selasa, 19 April 2022 - 10:02:10 WIB
Kabar Baik ke Petani Karet, Harga Bokar di Rohil Melonjak Ilustrasi/foto:via mcr

RIAUIN.COM - Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau merilis daftar harga bahan olahan karet (Bokar) rakyat tingkat petani dan di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) dan pabrik yang ada di Riau.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja mengatakan, harga Bokar di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di tingkat petani naik cukup signifikan.

"Hanya bokar di tingkat petani atau kelompok usaha bersama (KUB) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang mengalami kenaikan harga, yaitu naik Rp200 per kilogram (Kg) menjadi Rp12.200 per Kg pada minggu ini," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Disbun Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Senin (18/4/2022).

Kemudian, harga Bokar di KUB Kabupaten Kampar stagnan Rp11.700 per Kg dan KUB Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sebesar Rp10.986 per kg mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp6 per Kg.

Sedangkan pada tingkat Apkarkusi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), harga Bokar sebesar Rp12.531 per Kg atau mengalami penurunan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp217 per Kg, sementara di Indragiri Hulu (Inhu) masih tetap.

"Namun, ditingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu masih dapat bertahan di harga Rp11.300 per Kg," jelasnya.

Selanjutnya, untuk harga Bokar ditingkat pabrik (Gapkindo) KKK 100 persen untuk minggu ini sebesar Rp22.300 per Kg.

"Harga bokar pabrik dengan tingkat kekeringan 100 persen masih sama dengan harga minggu lalu atau tetap," jelasnya.-dnr