Wabup Siak Temui Warga Dayun di Safari Ramadhan 


Kamis, 14 April 2022 - 21:31:25 WIB
Wabup Siak Temui Warga Dayun di Safari Ramadhan  Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyerahkan bantuan karpet masjid kepada pengurus Masjid Al Munawwarah, Kampung Dayun, Pasar Dayun, Rabu (13/4/2022). | Foto : mcs.

RIAUIN.COM- Memasuki pekan kedua Ramadhan 1443 H, Wakil Bupati Siak, Husni Merza melanjutkan agenda Safari Ramadhan Pemkab Siak di Kecamatan Dayun, tepatnya di Masjid Al Munawwarah, Kampung Dayun Pasar Dayun, Rabu (13/4/2022).

"Doa kami di bulan puasa ini agar tetap amanah dalam menjalani tugas untuk kepentingan masyarakat, agar setiap hari pelayanan pemerintah semakin baik. Kalau di hitung, malam ini jadwal terakhir saya pada kagiatan safari Ramadan Pemkab Siak," kata dia.

Wabup mengatakan, saat ini pemerintah sedang fokus dalam nenanggani stunting, ditandai beberapa minggu lalu telah dilakukan rapat rembuk stunting tingkat kabupaten Siak.

Stunting atau kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

"Penyebab stunting salah satunya, kurangnya kesadaran kita terhadap asupan nutrisi atau gizi yang seimbang kepada anak di 1000 hari sejak ke hamilan," ungkapnya.

Untuk itu kata dia, perlunya memberikan pemahaman bagi warga, bagaimana pentingnya asupan gizi kepada ibu hamil. Stunting ini tidak terjadi pada keluarga miskin, namun juga di jumpai pada keluarga kaya.

"Itu kita temui saat kegiatan Bujang Kampung, di salah satu kecamatan, anak orang kaya lagi, tapi pertumbuhan badan anak itu tidak normal atau stunting," ucapnya.

Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan sekema untuk membantu usaha mikro kecil menengah.

"Dengan bantuan modal usaha, bagi usaha mikro, kita harapkan umkm dapat tumbuh dan berkembang. Dalam waktu dekat  akan kita lakukan pendataan bagi koperasi dan umkm di kabupaten Siak," terangnya.

Kegiatan itu berakhir dengan pemberian santunan bagi anak yatim, para janda, bantuan sajadah dari Bagian Kesra kepada pengurus masjid sebanyak satu rol, termasuk penyerahan zakat kosumtif dari Baznas Siak.-rls