Kebut Capaian Vaksin, Dinas Kesehatan Kampar Buka Layanan Malam Hari


Rabu, 13 April 2022 - 19:05:27 WIB
Kebut Capaian Vaksin, Dinas Kesehatan Kampar Buka Layanan Malam Hari Zulhendra Das'at, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

RIAUIN.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar terus menggesa capaian vaksinasi dan booster. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, dr Zulhendra Das'at pada Riauin.com, Selasa (12/4/2022).

"Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kampar di bulan Ramadhan tetap berjalan seperti biasa," ucap Zulhendra Das'at.

Katanya, selama Ramdhan vaksinasi dilaksanakan menyesuaikan dengan ibadah Ramadhan.

"Bahkan pelaksanaanya menyesuaikan. Ada yang dilaksanakan selesai berbuka, selesai sholat tarawih bahkan ada dilaksanakan setelah sahur," beber Zulhendra.

Zulhendra mencontohkan, pelaksanaan vaksinasi di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu dilaksanakan pada malam hari setelah masyarakat selesai sholat Tarawih di masjid.

"Kegiatan vaksinasi di Masjid Kubang Jaya setelah pelaksanaan sholat Tarawih," ujar dia.

Lanjut Zulhendra, vaksinasi juga terus dilaksanakan di Puskesmas Simalinyang selama Ramadhan yang diikuti oleh masyarakat dari 11 desa di wilayah Kecamatan Kampar Kiri Tengah.

Vaksinasi malam hari dibuka mulai dari jam 7 malam hingga jam 11 malam. Para medis bertugas secara bergantian. Bahkan mereka harus rela beribadah sholat Isya serta Tarawih dilakukan di Puskesmas di sela kegiatan vaksinasi secara bergantian.

Layanan vaksinasi malam hari ini juga digelar di beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Kampar.

Bahkan di Kecamatan Kampar Kiri Hulu sekalipun vaksinasi di malam hari tetap dilaksanakan oleh para petugas medis di sana. Yakni di Desa Pangkalan Kapas yang merupakan desa paling ujung dan berbatasan dengan Sumatera Barat di jalur kuning.

"Kegiatan vaksinasi di Desa Pangkalan Kapas Kampar Kiri Hulu tetap berjalan selama Ramadhan," ucap dia.

Kata Zulhendra, meski layanan dibuka hingga malam hari, masyarakat tetap antusias menjalani program vaksinasi dan booster sebagai upaya untuk mengatasi pandemi agar tak terus mewabah.

Zulhendra selaku Kepala Dinas Kesehatan mengapresiasi para medis yang bersedia bertugas di malam hari dan di saat bulan Ramadhan tahun ini. - naz