Komisi II RDP Dengan Dinas Kesehatan Kampar, Berbagai Persoalan Dibahas


Rabu, 13 April 2022 - 13:01:32 WIB
Komisi II RDP Dengan Dinas Kesehatan Kampar, Berbagai Persoalan Dibahas RDP Dinas Komisi II DPRD Kampar Bersama Dinas Kesehatan Membahas Program kerja dalam meningkatkan Pelayanan Kesehatan bagi masyarakat. | Foto : Nazar.

RIAUIN.COM- Komisi II DPRD Kampar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama OPD mitra pada Senin (11/4/2022). OPD yang diundang yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

Namun, hanya Dinas Kesehatan yang turut dihadiri kepala dinasnya. Sedangkan Dinas Pendidikan tidak dihadiri oleh kepala dinas terkait.

Ketua Komisi II DPRD Kampar,  Habiburrahman, karena Dinas Pendidikan tidak di hadiri oleh kepala dinas maka RDP tidak dilaksanakan.

"Kita standarnya RDP itu harus ada kepala dinasnya. Kalau tak ada Kadis, RDP tidak kita lakukan," tegas Habib.

Sehingga, RDP kali ini Habib hanya akan dilakukan bersama Dinas Kesehatan. 

Pada Dinas Kesehatan, Habib meminta untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di semua unit layanan kesehatan yang ada. Mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa. 

Selain itu, Habib juga menegaskan, komitmen Komisi II mengawal pembangunan Puskesmas Kampar Kiri II di Desa Kuntu yang sempat terbengkalai akibat gagal proyek dapat dilanjutkan kembali.

Sebab kata Habib, dana pembangunan Puskesmas tersebut masih tersimpan di  Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)

Anggota Komisi II lainnya, Januar Rambo minta Dinas Kesehatan mengevaluasi tenaga Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tidak bekerja dengan baik. Sebab disinyalir banyak Pustu yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Zulhendra Das'at menegaskan akan menindaklanjuti persoalan yang diutarakan oleh Komisi II.

Dia mengatakan akan mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di semua unit layanan kesehatan yang ada. naz, adv