Tolak Jabatan Presiden 3 Periode, Ratusan Mahasiswa di Rohul Gelar Unjuk Rasa


Selasa, 12 April 2022 - 15:03:39 WIB
Tolak Jabatan Presiden 3 Periode, Ratusan Mahasiswa di Rohul Gelar Unjuk Rasa Unjuk rasa di depan DPRD Rohul/foto:yus

RIAUIN.COM - Ratusan Mahasiswa melaksanakan aksi unjuk rasa Kantor DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Selasa, (12/04/2022). Aksi ini dilakukan untuk menyampaikan penolakan perpanjangan jabatan presiden 3 periode.

Kedatangan para Mahasiswa yang di kawal pihak Kepolisian, Satpol PP dan Koramil Rambah itu disambut baik oleh Ketua DPRD Rohul Novliwanda Adeputra yang didampingi Sekretaris DPRD Budhia Kasino.

Presiden Mahasiswa, Doni Mahendra didampingi rekannya menyampaikan beberapa tuntutan yakni menolak masa jabatan presiden 3 periode karena tidak sesuai dan melanggar konstitusi.

Kemudian, mahasiswa juga meminta pemerintah untuk menurunkan harga minyak goreng dan menstabilkan harga BBM.

"Untuk itu diminta kepada DPRD Rohul supaya menyampaikan tuntutan mahasiswa ini kepada DPR Pusat untuk di bahas di Sidang Paripurna," tegas Doni.

Lebih lanjut, mahasiswa juga menyinggung masalah pelecehan seksual yang terjadi di Rohul. Menurut para pengunjuk rasa, Pemerintah dan DPRD selama ini tidak menaruh kepedulian.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra berjanji menyampaikan permintaan mahasiswa Rohul itu secepatnya ke DPR Pusat. Sebab disaat-saat sebelumnya, DPRD Rohul juga telah membahas beberapa persoalan.

"Terkait dengan penambahan masa  jabatan presiden tiga periode, tidak ada Undang-Undang yang mengatur masalah itu, oleh karena itu DPRD Rohul tidak menerima baik tentang penambahan tiga periode maupun penambahan masa jabatan presiden," ujar Novliwanda.

Ditambahkan Wanda, terkait dengan harga minyak goreng dan kenaikan harga BBM, dirinya akan memanggil OPD agar melakukan operasi pasar.

Setelah berdialog dengan Ketua DPRD Rohul dan seluruh aspirasinya diakomodir, para pengunjuk rasa membubarkan diri dan kembali ke rumah masing-masing.-yus