Diduga Diterkam Harimau, Warga Talang Mandau Bengkalis Ditemukan Tewas Mengenaskan


Kamis, 07 April 2022 - 08:04:40 WIB
Diduga Diterkam Harimau, Warga Talang Mandau Bengkalis Ditemukan Tewas Mengenaskan Penemuan jasad warga di kawasan Teluk Padi, Bengkalis oleh warga. Jasad tersebut diduga diterkam harimau pada Selasa (5/4/2022) lalu/foto: Bres

RIAUIN.COM - Pria asal Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau dilaporkan tewas karena diduga diterkam Harimau Sumatera. Pria berinisial IN (30) ditemukan tewas pada Rabu, (6/4/2022) pagi dalam kondisi kepala terputus dari badan.

Temuan jenazah pria malang tersebut sontak menggemparkan warga sekitar dan membuat keluarga korban histeris. Kabar tersebut dibenarkan Kapolsek Pinggir, Kompol Maitertika.

Dijelaskan Maitertika, dari pengakuan sakisi-saksi, awalnya korban yang merupakan warga Kilometer (Km) 68 Desa Tasik Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau ini berangkat dari kediamannya sekira pukul 06.00 WIB, pada Selasa (5/4/2022).

"Korban bahkan sempat berpamitan ke isteri, mengaku hendak ke ladang di wilayah Teluk Padi. Tujuannya mau bersihkan ladang dan melihat jerat rusa yang telah dipasang sebelumnya,” kata Kompol Maitertika.

Namun, semenjak Ia pergi, hingga sekira pukul 18.30 WIB, korban tak kunjung pulang ke rumah. Dilanda khawatir, sang istri mencoba menghubungi IN lewat panggilan telepon selularnya, namun tidak ada jawaban.

Tak kunjung ada kabar, membuat keluarga kian dirundung kecemasan. Lalu, sang istri menceritakan kejanggalan itu kepada ayahnya.

Kemudian, sekira pukul 23.00 WIB, sejumlah masyarakat berkumpul dan berkoordinasi untuk mencari korban ke sekitar Teluk Padi dengan menyeberangi areal perairan menggunakan sampan-sampan kecil.

“Korban dicari oleh gabungan warga sekitar sampai sekira pukul 02.00 WIB, namun tak juga ditemukan. Kemudian pencarian dilanjutkan ke hari selanjutnya, Rabu (6/4) sekira pukul 07.00 WIB dengan melibatkan lebih banyak orang,” ujarnya.

Pada Rabu pagi, ratusan warga melanjutkan pencarian terhadap IN. Akhirnya, warga menemukan jasad IN dalam posisi terlentang dan kepala terpisah dari badan. Saksi-saksi menyebutkan, bagian kepala IN ditemukan terpisah 1,5 Km dari badan. Warga menduga, IN telah diserang Harimau Sumatera. Alasan itu diperkiat lantaran ditemukannya jejak kaki binatang buas itu di sekitar lokasi penemuan jasad korban.

Korban sendiri, kata Kapolsek, ditemukan sekira 20 meter dari perangkap rusa yang telah dipasang sebelumnya. Selain jasad IN, warga sekitar juga menemukan seekor rusa terjerat pada perangkap tersebut.

“Setelahnya, jasad korban segera dibawa oleh warga yang ikut melakukan pencarian. Kuat dugaan korban diduga tewas akibat serangan binatang buas jenis Harimau Sumatera dengan kondisi kepala terpisah dari badan,” jelasnya.

Lokasi temuan itu berada wilayah kawasan hutan yang berseberangan dengan Danau Tasik. Menurut warga, ada sekitar 2 ekor harimau yang berkeliaran disana, karena jejak telapak kaki yang ditinggalkan. 

Untuk menghindari hal serupa terjadi, pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau guna mencari solusi lebih lanjut.-dnr