Yorrys Raweyai Terpilih Aklamasi Ketua Umum KSPSI 2022-2027, Nursal Tanjung Pimpin Sidang Kongres


Kamis, 31 Maret 2022 - 21:15:24 WIB
Yorrys Raweyai Terpilih Aklamasi Ketua Umum KSPSI 2022-2027, Nursal Tanjung Pimpin Sidang Kongres https://www.youtube.com/watch?v=Vzqe1PPE-Bs

RIAUIN.COM - Tokoh nasional Yorrys Raweyai kembali terpilih sebagai Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia untuk periode 2022-2027. Ini adalah kepimpinan kedua Yorrys mengendalikan Organisasi Massa buruh terbesar di Indonesia tersebut. Yorrys terpilih secara aklamasi dalam forum Kongres KSPSI yang berakhir Kamis (31/3/2022) di Jakarta.  

Sekretaris Steering Comittee Kongres X KSPSI Arnod Sihite menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Yorrys di pucuk pimpinan KSPSI.  

“Selamat kami sampaikan pada Ketua Bang Yorrys. Tentu saja ini semua karena ketokohan beliau yang selama lima tahun terakhir memimpin organisasi ini membawa banyak perubahan. Terutama karena agenda KSPSI yang selalu menjadi mitra strategis pemerintah dalam memperjuangkan kepentingan buruh di Indonesia agar makin sejahtera dan bermartabat,” ungkap Arnod kepada wartawan usai Kongres X KSPSI di Jakarta, Kamis (31/3/2022).  

Menurut Arnod, Kongres X KSPSI terselenggara dengan baik berkat semangat kebersamaan dan solidaritas dari semua pihak untuk menjalankan ketentuan organisasi secara tepat dan bukan asal-asalan.  

Kongres X juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah melalui Presiden, Pimpinan DPR/MPR RI, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Ida Fauziyah dan seluruh anggota serikat pekerja di seluruh Indonesia.  

“Artinya ini merupakan kerja kolaborasi yang sangat efektif. Kami sebagai steering comitee bangga karena pelaksanaan Kongres X ini sukses dan berhasil menjalankan agenda organisasi dengan baik sekaligus puncaknya secara aklamasi menetapkan kembali Bang Yorrys sebagai Ketua Umum,” sambung Arnod yang adalah juga Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja PPMI-KSPSI itu.  

Ditegaskan Arnod, Kongres X ini juga telah menghasilkan keputusan-keputusan strategis dalam rangka memajukan organisasi yang ujungnya akan membawa menfaat untuk anggota dan keluarga besar KSPSI.  

“Kongres misalnya berhasil menyusun program-program utama dalam rangka menjadi mitra strategis pemerintah, misalnya soal kartu prakerja, bantuan subsidi dan pekerja migran Indonesia sebagai bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan kaum buruh. Bukan hanya itu juga berhasil disusun program dalam rangka mewujudkan Bina lindung sejahtera yang mandiri, profesional dan modern,” jelas Arnod.  

Kongres juga kata Ketua PPK Kosgoro 1957 tersebut berhasil merumuskan rekomendasi perjuangan kaum buruh pada para stakeholder pemerintah, DPR RI, DPD RI, Apindo, Kadin, ILO, BPJS ketenagakerjaan, BPJS kesehataan, serta Kementerian atau Lembaga terkait.  

“Dan satu lagi yang menarik dari Kongres ini adalah arahan Menko Perekonomian Pak Airlangga yang mengingatkan para pengusaha untuk membayarkan THR Idul Fitri tepat waktu. Ini tentu sangat penting sehingga jadi perhatian semua pihak,” tukasnya.  

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KSPSI terpilih Yorrys Raweyai menyampaikan apresiasi atas kepercayaan yang dia terima kembali memimpin KSPSI. Bagi Yorrys, KSPSI adalah rumah bersama buruh di seluruh Indonesia untuk memperjuangkan hak-haknya dalam rangka perlindungan dan peningkatan kesejahteraan.  

“Tentu saja ini kepercayaan yang harus saya jaga dan tunjukan dengan kinerja baik utamanya agar betul-betul menjadi organisasi yang membawa manfaat bagi buruh di seluruh Indonesia dan tentu saja kami siap membangun kemitraan yang stretegis bersama pemerintah,” ungkap Yorrys.  

Kongres X KSPSI dihadiri langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Wakil Presiden Joko Widodo, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Brigjen Arif Rahman mewakili Kapolri, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Direktur Utama BPJS Ali Gufron, Ketua Umum APINDO Haryadi Sukamdani, Wakil Ketua Umum Tenaga Kerja Kadin Indonesia Andi Mahmud, Ketua Umum Konfederasi Pekerja Buruh Indonesia dan mitra-mitra dari organisasi terkait termasuk para peninjau kongres.  

Seusai persidangan kongres dilakukan penyerahan panji bendera kebesaran kehormatan organisasi KSPSI kepada Yorrys Raweyai oleh Ketua Pimpinan Sidang Kongres, Nursal Tanjung, yang merupakan peserta dari DPD KSPSI Riau.

“Apakah Bapak Yorrys Raweyai siap untuk memimpin DPP KSPSI tahun 2022-20227?,” tanya Nursal Tanjung sebelum menyerahkan bendera panji kehormatan kepada Yorrys dan disaksikan ratusan peserta yang hadir.

"Siappp!" jawab tegas Yorrys yang diikuti tepuk tangan dan ucapan syukur seluruh hadirin. Selanjutnya Nursal Tanjung menyerahkan panji kepada ketua umum terpilih. - rls/epn