Demo AMPM2 di Depan Kantor Gubernur, Desak Ketua DPH LAM Riau Mundur


Kamis, 31 Maret 2022 - 11:29:34 WIB
Demo AMPM2 di Depan Kantor Gubernur, Desak Ketua DPH LAM Riau Mundur Demo AMPM2 di depan Kantor Gubernur Riau/foto:dnr

RIAUIN.COM - Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Penjaga Marwah Melayu (AMPM2) menggelar aksi demonstrasi damai di gerbang Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Kamis (31/3/2022).

Dalam aksinya, mereka menuntut Datuk Syahril Abubakar mundur dari jabatan sebagai Ketua Dewan Pelaksana Harian Lembaga Adat Melayu  (DPH LAM) Riau.

AMPM2 mendesak Syahril mundur karena diduga menjadikan LAM Riau untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya.

''Kami meminta Majelis Kerapatan Adat (MKA) mengusut tuntas perihal dugaan penyalahgunaan jabatan Ketua DPH LAM Riau oleh Syahril Abubakar,'' ujar orator demonstrasi.

Demonstran juga mendesak MKA LAM Riau segera mengadakan Musyawarah Luar Biasa (Muslub) untuk menonaktifkan Syahril Abubakar dari jabatan Ketua DPH LAM Riau dalam waktu 7 kali 24 jam.

Selain berorasi secara bergantian termasuk orasi dari perwakilan BEM se Pekanbaru, massa demonstran juga mengusung beberapa spanduk yang di antaranya bertuliskan; 

''Jangan Jual Marwah Melayu dengan Prilaku Keji Syahril Abubakar''

''LAM Riau bukan Badan Usaha Milik Pribadi??? Turunkan Syahril Abubakar dari Ketua DPH LAM Riau!!!''

''Mahasiswa Riau Menggugat Mafia Adat #Marwah Melayu'' dan lainnya.

Setelah berorasi lebih kurang satu jam, 5 (lima) perwakilan AMPM2 diundang Gubernur Riau H Syamsuar untuk mendengarkan aspirasi para demonstran.

Hingga berita ini diturunkan, pertemuan perwakilan AMPM2 dengan orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu masih berlangsung.-dnr