Pungli SP Takunsi, Ada Uang Puluhan Juta Rupiah Mengalir ke Dishub Kuansing


Selasa, 22 Maret 2022 - 14:33:28 WIB
Pungli SP Takunsi, Ada Uang Puluhan Juta Rupiah Mengalir ke Dishub Kuansing SP Takunsi gelar komprensi pers

RIAUIN.COM- Kasus dugaan pungutan liar (Pungli) Serikat Pekerja Transportasi Kuantan Singingi (SP Takunsi) semakin terang benderang.

Selasa pagi (22/3/2022) pengurus SP Takunsi menggelar komprensi pers menyikapi persoalan tersebut. Dalam keterangannya, SP Takunsi mengakui bekerjasama dengan Dishub Kuansing selama ini.

Bahkan dari pungutan tersebut pihak SP Takunsi telah memberikan retribusi kepada dinas terkait mencapai puluhan juta rupiah.

Pada periode Januari sampai Februari 2022, SP Takunsi telah menyetor uang retribusi sebesar Rp21.500.000.  Sementara untuk parkir dari Januari-Februari 2022 telah disetorkan sebesar Rp21 juta.

Uang tersebut dipungut dari para pedagang baik di ruko ruko maupun pedagang kaki lima sebagai sumbangan konsolidasi parkir.

SP Takunsi menyebutkan bahwa iuran sebesar Rp100 ribu yang dikeluarkan oleh pedagang yang sudah mendaftar sebagai anggota SP Takunsi. Iuran ini telah diatur dalam AD/ART organisasi tersebut sebagai kewajiban bagi seluruh anggota.

Kerjasama antara Dishub Kuansing dengan SP Takunsi dibuat pada tanggal 16 Desember 2021 lalu. Ruang lingkup kerjasama wilayah berada dalam kawasan terninal dan daerah pengawasan terminal ternasuk perpakiran dan pedagang kaki lima yang berada di badan jalan dan trotoar.

Saat hearing dengan Komisi III DPRD Kuansing pekan lalu terungkap pungutan yang dilakukan kepada sejumlah pedagang dan pemilik ruko terindikasi menyalahi Perda yang telah diterbitkan oleh Pemerintahan Kabupaten Kuansing, sehingga pungutan tersebut ditenggarai pungli.-hen