Polisi Usut Pungli di Kuansing, SP Takunsi Sebut Emil Harda Tidak Terlibat


Selasa, 22 Maret 2022 - 13:31:47 WIB
Polisi Usut Pungli di Kuansing, SP Takunsi Sebut Emil Harda Tidak Terlibat SP Takunsi saat komprensi pers

RIAUIN.COM- Kasus dugaan pungli SP Transportasi Kuantan Singingi (SP Takunsi) terhadap sejumlah ruko ruko yang ada di Telukkuantan tengah diselidiki oleh polisi.

Kasus tersebut telah menyita perhatian publik sejak dua pekan terakhir setelah viral di media sosial. Dalam kasus tersebut, nama Emil Harda orang dekat Plt Bupati Kuansing ikut disebut sebut terlibat, namun Ketua SP Takunsi membantah keterlibatan Emil Harda.

"Bapak Emil Harda tidak terlibat dalam kegiatan kegiatan SP Takunsi dilapangan dan sampai saat ini beliau belum pernah menerima gaji atau honor," kata Ketua SP Takunsi Embrison Andesta saat konfrensi pers, Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa keberadaan Emil Harda di SP Takunsi sebagai anggota dewan pertimbangan.

"Keberadaa Bapak Emil Harda berdasarkan hasil musyawarah pengurus dewan pertimbangan pertengahan Januari 2022 meminta kesediaan beliau untuk bergabung sebagai anggota SP Takunsi sekaligus dewan pertimbangan agar dapat memberikan pertimbangan bagi gerak langkah SP Takunsi," tambah Embrison.

Dalam keterangan tertulisnya, SP Takunsi mengakui telah memungut iuran sebesar Rp100 ribu kepada sejumlan pedagang kaki lima dan ruko ruko yang berada dalam lingkup kerja terninal Telukkuantan.

SP Takunsi bekerja sama dengan pihak Dishub Kuansing. Bahkan SP Takunsi telah menyetor restribusi sejumlah uang kepada dinas terkait.

Pada periode Januari sampai Februari 2022, SP Takunsi telah menyetor uang retribusi sebesar Rp21.500.000.  Sementara untuk parkir dari Januari-Februari 2022 telah disetorkan sebesar Rp21 juta.

Sedangkan saat hearing dengan Komisi III DPRD Kuansing sepekan yang lalu, Dishub Kuansing membantah ikut bekerjasama dengan SP Takunsi diluar kawasan terminal.-hen