Wabah LSD Serang Sapi Ternak Tiga Kecamatan di Kampar


Ahad, 20 Maret 2022 - 11:48:12 WIB
Wabah LSD Serang Sapi Ternak Tiga Kecamatan di Kampar Sapi terkena wabah LSD/foto:mcr

RIAUIN.COM - Wabah Lumpy Skin Disease (LSD) menyerang ternak sapi di tiga kecamatan di Kabupaten Kampar, Riau. Sebaran wabah LSD di Kampar Kiri Tengah sebanyak dua ekor, Tapung sebanyak empat ekor dan XIII Koto Kampar sebanyak dua ekor.

Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunak Keswan) Kampar menemukan satu ekor sapi yang positif di Desa Hidup Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Sementara sejumlah sarpi lainnya bergejala klinis diduga LSD.

Kepala Disbunak Keswan Kampar Syahrizal menyebut, pihaknya bersama Direktorat Jenderal Peternakan Kementerian Pertanian turun ke lokasi untuk mengantisipasi penyebaran. Tim turun ke Desa Sei Lembu Makmur dan Petapahan Kecamatan Tapung, Kamis (17/3/2022).

"Kita mengantisipasi penyebarannya dengan menyuntikkan vaksin LSD di bawah kulit ternak," ungkap Syahrizal, Kamis (17/3/2022).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Disbunnak Keswan Kampar, drh Deyus Herman menyebutkan, gejala klinis memang belum tentu positif LSD. Namun menurutnya, pihaknya melakukan antisipasi sejak awal.

"LSD ini kan penyakit yang penyebarannya karena virus. Jadi harus cepat diantisipasi penyebarannya," ungkap Deyus.

Dikatakan Deyus, pihkanya menduga wabah ini berasal dari hewan ternak yang didatangkan dari luar daerah. Ia menambahkan, Kampar sudah menerima bantuan vaksin dari Kementan. Sebab Kampar sudah ditetapkan sebagai salah satu daerah wabah.

Lebih lanjut Deyus menyebut, terhadap hewan ternak yang sudah terjangkit penanganannya langsung diobati. Sedangkan terhadap hewan ternak yang belum terjangkit, dilakukan vaksinasi. Menurut Deyus, vaksinasi hewan ternak mencakup radius sekitar 10 kilometer dari titik kasus.

"Misalnya sekarang di Desa Sei Lembu Makmur. Jadi vaksinasinya bisa enam sampai tujuh desa yang kena itu," ujarnya.-dnr