Sekjen Kementerian KKP RI Tabur 95 Ribu Bibit Ikan di Sungai Sanggolan Kampar


Sabtu, 19 Maret 2022 - 09:15:40 WIB
Sekjen Kementerian KKP RI Tabur 95 Ribu Bibit Ikan di Sungai Sanggolan Kampar Penabuhan bibit ikan di Sungai Sanggolan Kampar/foto:mcr

RIAUIN.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Antam Novambar bersama Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, melakukan tabur bibit Ikan Baung dan bibit Ikan Semah (Ikan Gadih),di Sungai Sangolan anak Sungai Kampar yang terletak di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten kampar, Jumat (18/3/2022).

Sebanyak 85 Ribu Bibit ikan baung, dan 10 Ribu bibit Ikan Semah ditaburkan di sungai tersebut. Rencananya sungai ini akan dijadikan Lubuk Larangan sebagai kearifan lokal dalam memelihara, pengembangbiakkan sumber daya ikan. 

"Kita telah lakukan penaburan bibit baung, ikan sema, selama ini kita hanya bisa ngambil, tidak menebar bibit kembali, kita harus memikirkan jangka panjang, memelihara pelestarian ikan ini," ungkap Sekjen Kementerian Perikanan RI Antam Novambar.

Dikatakan Antam, Kampar dipilih dalam pencabutan bibit ikan karena ada kearifan lokal dengan peran Ninik mamak, tokoh dan elemen masyarakat dalam menjaga sungai larangan.

"Jangan sampai nanti sungai ada tapi tanpa ikan, kasihan anak cucu kita, kepada pihak keamanan dan pihak terkait tolong dicek pembuangan limbah yang menyebabkan matinya bibit-bibit ikan dan kepada Bupati/Walikota diminta memberi pengertian kepada masyarakat, agar menangkap ikan seperlunya saja, jangan berlebihan," ujar Antam. 

Pada kesempatan yang sama Kepala perwakilan Indonesia FAO United Nation wilayah Indonesia-Timor Leste Rayendra Aryai, menyatakan bahwa ini pertama kali berkunjung ke Kampar dan menyampaikan penghargaan kepada KKP dan Bupati Kampar yang telah memberikan kesempatan terlaksananya program tersebut.

"Terima kasih terkhusus kepada I Nyoman dan Bupati Kampar atas kesempatan ini, baru bertemu sebentar sudah berkesan, restocking ini sangat bagus dalam pelestarian akan ketersedian ikan," kata Rayandra Aray. 

Pada kesempatan yang sama Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mengatakan, sangat bersyukur Kampar saat telah dapat kita lakukan Restocking di Sungai Sangolan Desa Kuok Kabupaten Kampar ini, dalam pelestarian ikan yang makin hari makin berkurang, jaga dan lindungi Lubuk larangan ini sebagai pusat pengembangan Sumber Daya Ikan. 

"Dengan pelaksnaan restocking ini kita berharap dengan pencabutan benih ikan ini dapat memberikan keberlanjutan akan ketersedian Ikan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteran bagi masyatakat tempatan," Kata Catur Sugeng Susanto. 

"Di Kampar ada 41 Lokasi Lubuk larangan yang telah dilakukan Restocking oleh pemerintah, harapan kami seluruh elemen, tokoh masyarakat, Kepala Desa, Ninik mamak, Camat maupun berbagai pihak dapat memelihara ini," ujar Catur. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Riau, perwakilan dari Polda Riau, Kepala Dinas Perikanan Kampar Zulfahmi, UPT Perikanan Jambi, UPT Perikanan Dumai, UPT Perikanan Padang dan Penyuluh Perikanan se-Kabupaten Kampar.dnr/mcr