Temui Bupati Kampar, KPID Riau Bahas Proses Migrasi TV Analog ke TV Digital


Kamis, 17 Maret 2022 - 07:46:48 WIB
Temui Bupati Kampar, KPID Riau Bahas Proses Migrasi TV Analog ke TV Digital Bupati Catur menerima rombongan KPID Riau di rumah dinasnya di Bangkinang. F: Naz

RIAUIN.COM - Dalam rangka upaya mempersiapkan masyarakat migrasi dari televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) untuk wilayah layanan zona Riau I, yakni Kampar dan Pekanbaru, dapat berjalan dengan sukses dan lancar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau melakukan audiensi dengan Bupati Kampar.

Pertemuan digelar di Rumah Dinas Bupati Kampar di Bangkinang , Rabu (16/3)2022) tersebut, Catur Sugeng Susanto SH MH didampingi Kadis Kominfo Kampar Yuricho Efril SSTP menyambut kedatangan Ketua KPID dan komisioner KPID Riau.

Jajaran KPID Riau yang datang diantaranya Ketua KPID Riau Falzan Surahman, Komisioner Bidang Kelembagaan Bambang Suwarno Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran, Ahmad Royhan Qodri, Komisioner Bidang Kelembagaan Mario Abdillah Khair, Komisioner Bidang Perizinan Robert Satria. Selain Komisioner juga diikutsertakan perwakilan Trans Tv M Fauzan, Perwakilan TVRI dan Perwakilan TV One serta staf KPID Riau Rini.

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto SH MH menyambut baik kunjungan ini. Kata dia, pemerintah sangat serius dalam transisi layanan siaran Analog ke Digital.

"Kami tentunya akan mempersiapkan transisi Tv Analog ke TV Digital ink," kata Catur.

Catur menilai, jatah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat sebanyak 3.735  Set Top Box (STB) melalui KPID Riau dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat sekaligus menjadi alternatif bagi masyatakat dalam memilih siaran.

"Semoga bukan saja sebanyak diatas, kami mohon tambahan bagi masyarakat," ucap Catur.

Catur berjanji akan menyukseskan proses migrasi siaran televisi ini dengan sebaik-baiknya. 

"Kami menyambut dan menyukseskan program ini selain mengikuti perkembangan zaman dalam memfilter siaran dimana batas perpindahan ini sampai 30 April 2022. Terima kasih atas bantuan STB yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DPKS)  Kementerian Sosial Republik Indonesia , harapan kami data ini dapat melebihi dari daftar ini. Semoga ini dapat tersosialisasi kepada masyarakat," tutur Ketua PKB Kampar ini.

Sementara itu Ketua KPID Riau Fazlan Surahman mengucapkan terima kasih atas waktu yang diluangkan Catur untuk audiensi ini. dia berharap program ini dapat berjalan maksimal di Kampar.

"Harapan kita agar program ini dapat berjalan dengan baik, kami akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kampar khususnya dalam penyerahan Set Top Box kepada masyarakat penerima," kata Fazlan Suharman.

Kata Fazlan, KPID Provinsi Riau terus melakukan sosialisasi Analog Switch Off (ASO) untuk penggunaan Set Top Box (STB), Sementara Mux merupakan singkatan dari Multiplexer (alat atau komponen elektronika yang bisa memilih input (masukan) yang akan diteruskan ke bagian output (keluaran), inilah alat yang digunakan dalam perpindahan dari TV Analog ke TV Digital.

Diterangkan Fazlan bahwa perangkat yang dapat digunakan yakni TV Flat Digital, dan perangkat atau Booster.

"Untuk masyarakat Kampar ada sebanyak 3.735 yang masuk dalam daftar penerima bantuan dari Kementerian Sosial RI," tutup Fazlan. - naz