Berprestasi di Tingkat Nasional, Pemkab Rohul Diminta Lebih Peduli Atlet NCPI


Selasa, 15 Maret 2022 - 21:05:38 WIB
Berprestasi di Tingkat Nasional, Pemkab Rohul Diminta Lebih Peduli Atlet NCPI Pelantikan pengurus NCPI Rohul/foto:yus

RIAUIN.COM - Ketua Nasional Paralimpic Comunitas Indonesia (NPCI) Provinsi Riau Jaya Kusuma, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) agar lebih peduli dengan Atlit Paralimpic Rohul.

Ketua NPCI Riau Jaya Kesuma menyampaikan, Atlit Paralimpic Rohul cukup berprestasi diberbagai open turnamen baik itu di tingkat provinsi maupun nasional.

Menurutnya, sangat disayangkan pada kejuaraan tersebut mereka yang membawa nama Rohul, namun Pemkab sendiri tidak peduli dengan atlit paralimpicnya. Sementara Cabor yang tergabung di dalam organisasi KONI setiap tahunnya dibantu dengan dana ratusan juta.

"Saya sangat prihatin dengan NPCI Rohul yang selama ini belum mendapat support dari Pemerintah Daerah Rohul, sementara kabupaten lain sangat peduli dengan NPCI nya," kata Jaya usai mengukuhkan pengurus NPCI Kabupaten Rokan Hulu,  Selasa (15/03/2020) di Sekretariat NPCI Rohul di Perumahan Dinas Pemkab Rohul Desa Pematang Berangan Kecamatan Rambah.

Untuk itu Jaya Kesuma berharap Pemkab Rohul agar bersama-sama memajukan NPCI, sehingga kedepannya atlit paralimpic mampu membawa nama Rokan Hulu ke tingkat yang lebih tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Rokan Hulu yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Suharman mengatakan, terkait dengan kepedulian Pemkab Rohul terhadap NPCI, Bupati telah menyediakan Gelanggang Olahraga (Gor) untuk para atlet NPCI berlatih.

Bahkan, disebut Suharman, gedung ini juga merupakan bentuk perhatian Bupati terhadap NPCI, dan untuk tahun 2022 ini, Pemerintah juga telah menganggarkan Dana sebesar Rp100 juta untuk menunjang Kegiatan NPCI Rohul.

Sementara itu, Ketua NPCI Rohul yang baru dilantik Pius mengaku NPCI Rohul masih banyak kekurangan untuk mengembangkan karir, fasilitas untuk latihan, penginapan atlit, perlengkapan olahraga termasuk lapangan bola.

Pius juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah membantu dalam pelantikan pengurus NPCI Rohul periode 2021-2026 ini.

"Terkait dengan janji yang telah diucapkan Bupati terkait dengan bantuan anggaran yang telah dianggarkan mudah-mudahan bisa dicairkan sehingga kami bisa melakukan pelatihan terhadap para atlet kami dalam mempersiapkan Pekan Paralympic Provinsi yang akan dilaksanakan pada beberapa bulan lagi," kata Pius.-yus