Pemprov Riau Minta Angkasa Pura Gesa Pembangunan Runway 2.600 Meter


Jumat, 28 Juli 2017 - 08:14:02 WIB
Pemprov Riau Minta Angkasa Pura Gesa Pembangunan Runway 2.600 Meter
PEKANBARU, Riauin.com - ‎Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak terlalu mempersoalkan pernyataaan Angkasa Pura II soal landasan (runway) Bandara Sultan Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sepanjang 3.000 meter belum prioritas.

Namun Pemprov Riau berharap agar pihak Angkasa Pura dapat fokus dan memprioritaskan perpindahan landasan pacu pesawat dari 2.200 meter ke 2.600 meter. Sebab, landasan tersebut sudah lama direncanakan namun hingga kini belum terealisasi.

"Mungkin karena Angkasa Pura fokus terhadap taxeway (parkir pesawat) untuk runway 2.600 meter," kata Asisten II Setdaprov Riau, Masperi belum lama ini.

Menurutnya, runway 2.600 meter itu ketika difungsikan sudah bisa mendaratkan pesawat boing 3037. Namun, agar runway itu bisa digunakan pesawat berbadan besar, tentu Angkasa Pura perlu memperbaiki sarana pendukungnya seperti navigasi penerbangan berupa intrumen di runway.

"Kita menyerahkan sepenuhnya ke Angkasa Pura soal runway 2.600 meter itu. Tapi hendaknya pergeseran dan perpanjangan runway 2.200 meter ke 2.600 meter itu harusnya dikejar. Tapi persoalannya untuk memindahkan Instrumen Landing System (ILS) ini kan tidak sembarangan, ada syarat-syaratnya. Jadi ini yang sedang dikaji oleh mereka (Angkasa Pura)," pungkasnya.(srC)