Mangsa Manusia, Buaya 4 Meter Ditangkap Warga


Sabtu, 12 Maret 2022 - 12:12:21 WIB
Mangsa Manusia, Buaya 4 Meter Ditangkap Warga Buaya sepanjang 4 meter yang ditangkap warga/foto:screenshoot

RIAUIN.COM - Seekor buaya muara sepanjang 4 meter ditangkap warga di aliran Sungai Selagan, Desa Tanah Rekah, Kecamatan Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Buaya yang diduga pemangsa manusia tersebut ditangkap pawang di Sungai Selagan, Kamis (10/3/2022) sekira pukul 19.30 WIB. Hewan buas itu ditangkap dengan cara dijerat menggunakan tali tambang, kemudian menariknya ke di tepi aliran Sungai Selagan. 

Buaya berbobot 250-300 kilogram itu diketahui telah menerkam seorang warga Desa Tanah Rekah bernama Sabri (65) hingga tewas pada akhir Februari lalu. Saat itu korban sedang menyelam mencari lokan di aliran sungai tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung Said Jauhari mengatakan, buaya muara tersebut sebelumnya sempat menimbulkan konflik dengan manusia hingga menimbukan korban jiwa satu orang warga Desa Tanah Rekah.

"Buaya Muara ditangkap dengan menggunakan jerat tali tambang di aliran Sungai Selagan. Bobot buaya sekira 250 hingga 300 kg," ujar Said, Jumat (11/3/2022).

Renacananya, buaya ini akan dievakuasi petugas resort KSDA Mukomuko dibantu petugas resort KSDA Air Hitam dan Kesatuan Pemangku Hutan Konservasi (KPHK) Seblat ke Balai KSDA Bengkulu untuk dilakukan perawatan.   

"Hari ini satwa buaya muara akan dievakuasi ke Balai KSDA Bengkulu untuk perawatan lebih lanjut," kata Said.-dnr