Momen Peringatan Isra Miraj, Koptan SS Batas Rohul Salurkan Donasi ke Masjid Al Jihat


Rabu, 02 Maret 2022 - 08:21:40 WIB
Momen Peringatan Isra Miraj, Koptan SS Batas Rohul Salurkan Donasi ke Masjid Al Jihat Penyerahan bantuan pada Masjid Al-Jihad/foto:yus

RIAUIN.COM - Kelompok Tani Sialang Sakti (SS) Desa Batas Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memberikan bantuan tunai sebesar Rp150 juta untuk Pembangunan Masdji Al Ajihat Desa Batas.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Koperasi Mintareza, SAg pada acara peringatan Israq dan Miraj Nabi Muhammad Saw 1443 H, Selasa (1/3/2022) malam.

Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD Rohul , Budi Suroso, Ketua Pembangunan Masjid Al Jihad, Robi Yudistira, Kades Batas T Musrial, Ketua BPD Batas Hablum Tambusai serta para jama'ah masjid dan Ustad Kondang dari Ibukota H Mardian Hasibuan Lc.

Ketua Koptan SS Mintareza SAg di awal acara mengatakan peringatan Israq Miraj tentunya tidak sekedar seremoni, melainkan harus memahami makna dari peringatan Isra Mi’raj itu sendiri.

Menurutnya, peristiwa agung itu terjadi saat Nabi Muhammad SAW dalam satu malam pada tanggal 27 Rajab mendapat perintah dari Allah SWT untuk menunaikan salat lima waktu bagi umat muslim.

Usai memberikan sambutan, Ketua Koperasi Tani Sialang Sakti Desa Batas Mintareza SAg menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al-Jihad sebesar Rp150 juta secara simbolis yang diterima oleh Ketua Pembangunan Masjid Robi Yudistira.

Pada kesempatan yang sama, Ustad H Mardian Hasibuan Lc, menyampaikan Isra' Miraj  merupakan dua peristiwa yang terjadi pada waktu yang berbeda, bukan merupakan satu peristiwa saja.

"Peristiwa Israq Miraj ini sangat penting karena berkaitan dengan ibadah utama bagi umat muslim, yakni salat 5 waktu. Isra merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa di Palestina dengan mengendarai Buraq," kata Mardian.

Sementara Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langit ke-7 dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah langsung.

"Allah SWT memanggil Rasul untuk menyampaikan perintah mendirikan salat bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Awalnya, Rasul diperintahkan untuk menjalankan 50 kali salat dalam sehari," ujarnya.

Namun, karena takut umatnya tak bisa menjalankan salat sebanyak 50 waktu, Nabi Muhammad SAW meminta keringanan hingga hanya perlu menjalankan perintah salat 5 waktu dalam sehari semalam.

Sedangkan jika diartikan dari bahasa, Isra Miraj berasal dari dua kata, yakni 'isra' yang berasal dari kata 'asra' yang berarti perjalanan dan Mi'raj yang berarti tangga atau perjalanan.

Dalam kisah Isra Mi'raj ini, Rasul bertemu dengan beberapa nabi terdahulu pada setiap langit yang dilewatinya.-yus