Harapan Wabup Kampar terhadap Masyarakat Teluk Paman dan Perusahaan


Kamis, 27 Juli 2017 - 08:43:42 WIB
Harapan Wabup Kampar terhadap Masyarakat Teluk Paman dan Perusahaan
KAMPAR KIRI, Riauin.com - Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto menyampaikan bahwa masa depan kondisi Lubuk Larangan sungai Subayang semua tergantung kita.

"Untuk menjadikan kondisi Lubuk Larangan sungai Subayang menjadi lebih baik harus dilakukan dengan diawali dari hulunya dengan tidak memanen ikan sebelum jadwalnya," pesan Wabup Kampar saat menghadiri saat acara penyerahan dan penebaran benih ikan Baung (Restocking) oleh Gubernur Riau untuk kelompok Pengawas Lubuk Larangan Sungai Subayang, Desa Teluk Paman, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Rabu (26/07/2017).

Wabup Kampar dalam kesempatan itu juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau yang peduli terhadap sungai ini.

"Terima kasih atas kepedulian dari Pemprov Riau, saya ingin memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Perikanan Provinsi Riau peduli terhadap sungai ini," ucapnya dalam sambutan mewakili Bupati Kampar H Azis Zaenal.

Saya menghimbau kepada seluruh warga Desa Teluk Paman yang dilewati sungai ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, baik itu warga asli desa ataupun yang merantau.

"Kepada perusahaan saya ingatkan agar sediakan RTH (Ruang Terbuka Hijau) dengan ditanami pohon tegak berdiri rindang yang akan menjadikan suasana teduh," tegas Wabup.

"Saya juga ingin menyampaikan bahwa kita patut berbahagia, Pemerintah Provinsi Riau melalui Gubernur Riau dan Dinas Perikanan masih peduli dan memperhatikan masyarakat desa ini, " ucapnya.

Ditegaskan Wabup, sudah selayaknya kita sebagai yang diwarisi sungai untuk menjaga kelestarian alam nya dan menjaga habitat ikan didalam sungai Subayang.

Selain untuk menambah jumlah ikan di sungai ini manfaat lain dari penyebaran bibit ikan Baung ini adalah mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Untuk masyarakat Desa Teluk Paman untuk tidak menggunakan penangkapan ikan menggunakan penyentruman, meracun ikan dan menggunakan pukat yang dilarang.

"Semoga penyebaran benih ikan Baung di Lubuk Larangan sungai Subayang ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat pula dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Teluk Paman," harapnya.

Wabup berharap kepada Pemerintah Provinsi Riau tetap memperhatikan kelestarian sungai yang ada di Kabupaten Kampar.

Turut hadir pada acara tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Herman, Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Usman Amin, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, Anggota DPRD Kabupaten Kampar Repol, dan Ninik mamak, Tokoh Masyarakat, Plt Camat Kampar Kiri serta masyarakat Desa Teluk Paman.