Dinawati : FKPT Riau Fokus Sosialisasi 5 Program BNPT  


Kamis, 24 Februari 2022 - 20:19:49 WIB
Dinawati : FKPT Riau Fokus Sosialisasi 5 Program BNPT   Logo FKPT

RIAUIN.COM- Belakangan ini potensi kelompok radikal terus bermunculan di tengah masyarakat, ancaman tersebut perlu diwaspadai terutama bagi generasi muda yang merupakan salah satu target utamanya, tak terkecuali di Provinsi Riau. Karena itu Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Riau dari tahun ke tahun fokus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk pencegahan radikalisme dallam 5 program yang melekat dalam tugas dan fungsi sebagaimana diamanatkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI. 

Hal itu dikatakan Ketua FKPT Riau dua periode, Hj Dinawati S Ag, MM, setelah kembali dari mengikuti pelantikan anggota FKPT se-Indonesia dan Rakernas ke IX di Kota Batu, Malang, belum lama ini.  

Perintis berdirinya FKPT Riau 2 Mei 2012 itu mengatakan, sosialisasi akan diberikan kepada seluruh elemen masyarakat yang terbagi dalam 5 bidang tugas, diantaranya, bidang agama dan budaya, bidang perempuan dan anak, bidang media dan humas, bidang pemuda dan pendidikan serta bidang penelitian dan pengkajian. 

"Kegiatan sosialisasi ini akan disebar pada beberapa kegiatan bidang nantinya. Diharapkan dalam setiap kegiatan dapat menghadirkan tokoh-tokoh simpul utuk selanjutnya dalam disepakati dan disosialisasikan pula oleh mereka dilingkungannya masing-masing," kata Ketua PW Muslimat NU Riau itu.

Peran kepada daerah sangat diharapkan dalam mendorong terbentuknya perwakilan FKPT perwakilan di kabupaten/kota. Hal itu diperlukan sebagai upaya deteksi dini potensi bahaya radikalisme di tengah masyarakat. 

Minimalnya, lanjut tokoh aktivis perempuan Riau itu, akan merusak tali persatuan dan kesatuan antara sesama yang sudah terbangun dan kokoh sejak turun temurun.

"Tentunya melalui tahapan yang dimulai dari adanya regulasi dari BNPT RI yang saat ini sedang dipersiapkan," ujar pensiunan anggota DPD/MPR RI tersebut.  

Anggota FKPT Riau periode 2021-2024 yang dilantik Kepala BNPT RI, Komjen Polisi Rafli Anwar bersama 34 pengurus FKPT se-Indonesia itu yakni, Hj Dinawati S.Ag, MM, Dra Harlina Nurdiyanti (bendahara) aktivis, R.I.Edasa So.Sos, M.Si (sekretaris) perwakilan pemerintah dari Kesbangpol Riau, Setyo Utomo, SHI,M.Su (Kabid Agama Sosial-Ekonomi dan Budaya) aktivis, konsultan dan dosen UIR, Hendrawan, SE (Kabid Pemuda dan Pendidikan) aktivis nelayan dan LBH Melayu, Dr Tuti Andriani, S.Ag,M.Pd (Kabid Perempuan dan Anak) dosen UIN Suska Riau dan juga aktivis, Novita, SE, M.Pd (Kabid Media Massa, Hukum dan Humas) mantan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Riau dan Rikizaputra, S.Pd,M.Pd (Kabid Pengkajian dan Penelitian) wakil dekan FKIP Unilak Riau.

Selain itu dalam menjalankan tugasnya sebagai perpanjangan tangan BNPT RI, anggota FKPT Riau dibantu tiga orang satgas, mereka adalah Aldi Roza, S.Sos, M.Si (Satgas IT), Fahmi Iqbal Firmananda, S.Kom (Satgas Keuangan) dan Doni Iswara, SE (Satgas Administrasi). 

Rakernas FKPT yang berlangsung selama tiga hari tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Program Kegiatan Direktorat Pencegahan BNPT tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan oleh Subdit Pemberdayaan Masyarakat. -vie