Sambangi Pasien Isoter di Riau, Kapolri: Tidak Usah Takut


Kamis, 24 Februari 2022 - 16:54:59 WIB
Sambangi Pasien Isoter di Riau, Kapolri: Tidak Usah Takut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/foto:dnr

RIAUIN.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di isolasi terpusat (Isoter) Asrama Haji Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru dalam rangka kunjungan kerja dan meninjau penanganan pasien Covid-19, Kamis (24/2/2022).

Kapolri tiba di Asrama Haji Riau tepat pada sekira pukul 15.00 WIB. Kedatangan orang nomor satu di Polri ini didampingi Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Danrem 031 Wira Bima Brigjen Parlindungan Hutagalung.

Dalam kunjungan ini, Kapolri berkesempatan menyerahkan batuan secara simbolis kepada tenaga kesehatan (Nakes) dan pasien Isoter. Selanjutnya Kapolri menyempatkan diri berdialog secara interaktif dengan beberapa penghuni asrama.

Dalam arahannya Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang telah menyediakan fasilitas Isoter untuk pasien positif Covid-19.

"Tentunya ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang saat ini terpapar varian baru Omicron. Karena memang ada resiko-resiko walaupun sudah vaksinpun akan terpapar walaupun tingkat fatalitasnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan yang belum vaksin," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo , Kamis (24/2/2022) sore.

Dikatakan Sigit, saat ini positifity rate yang ada di Riau mulai meningkat dari minggu lalu yakni dari 7% naik menjadi 13 sampai dengan 14%.

"Artinya, terhadap masyarakat yang terpapar dan memiliki resiko komorbid walaupun bergejala ringan saya sarankan untuk melaksanakan kegiatan isolasi di Isoter ini. Karena tentunya akan mendapatkan perawatan yang jauh lebih baik dari pada kalau kita melaksanakan kegiatan isolasi mandiri," ujar Sigit.

Menurut Sigit, pelaksanaan isolasi mandiri harus memenuhi beberapa syarat yang tentunya dapat menunjang pasien yang terpapar dan terpisah dari orang yang tidak terpapar.

"Kita sarankan akan dirawat di fasilitas Isoter khususnya bagi masyarakat yang memiliki komorbid. Karena memang dokter-dokter akan mendampingi, tenaga kesehatan akan mengikuti setiap hari kondisi (pasien, red) dan ini tentunya akan mengurangi resiko fatalitas," sebut Sigit.

Sigit mengatakan, sejauh ini terdapat 44 fasilitas Isoter yang ada di Riau. Untuk diketahui, di fasilitas Isoter Asrama Haji Riau dapat menampung 503 pasien yang terdiri dari Tower Muzdalifah 258 pasien dan Tower Arafah 255 pasien. Saat ini keterisian tempat tidur di fasilitas Isoter Asrama Haji Riau mencapai 155 tempat tidur.

"Kita semua siap-siap menghadapi manakala positifity rate semakin meningkat dan tentunya ini akan meningkatkan masyarakat yang terpapar jauh lebih banyak. Namun demikian sekali lagi tidak usah takut, tidak usah panik, tentunya strategi yang harus kita lakukan adalah bagaimana kemudian kita betul-betul disiplin dengan melaksanakan protokol kesehatan terutama menggunakan masker," kata Jenderal bintang empat ini.

Kapolri menyarankan, bagi masyarakat yang belum divaksin agar segera melaksanakan vaksinasi di gerai-gerai vaksin yang sudah disiapkan. 

"Bagi yang sudah dua kali, lebih dari tiga bulan segera vaksin booster. Semua ini kita lakukan untuk memastikan bahwa tingkat imunitas masyarakat dalam mengahadapi varian baru, kemudian kedepan ada mutasi-mutasi varian yang lain kita semuanya dalam kondisi yang memiliki imunitas untuk menghadapi varian-varian itu," ujar Sigit mangakhiri.

Usai memberikan keterangan, Kapolri bersama rombongan segera meninggalkan lokasi. Selanjutnya pada Jum'at besok, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal serentak di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.-dnr